Better You

6 Tips yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menjaga Kesehatan Mental

  by: Redaksi       2/5/2022
  • Girls, akhir-akhir ini kesehatan mental mendapat perhatian khusus karena setiap orang pasti akan berusaha untuk tetap sehat baik secara fisik maupun mental.

    Kesehatan juga tak kalah membutuhkan perhatian khusus, sebab terkadang gejalanya sulit kita kenali namun selalu rasakan. Kesehatan mental juga penting untuk kita jaga agar kamu tetap bisa melakukan aktivitas dengan baik setiap harinya.

    Berikut Cosmo berikan beberapa tips cara menjaga kesehatan mental yang dapat kamu lakukan!




    1. Rajin berolahraga





    Untuk menjaga kesehatan mentalmu, kamu bisa memulainya dengan rutin berolahraga. Berolahraga akan membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang membantu meluapkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu baik. Perasaan yang gembira juga jelas akan membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani hidup.


    2. Bersikap terbuka kepada orang yang kamu percayai




    Cobalah untuk terbuka pada orang yang kamu percayai. Jangan sampai semua apa yang dirasakan kamu pendam sendiri dan terus-menerus karena itu akan membuat dirimu semakin terbebani.

    Kamu bisa coba untuk meluapkan emosi yang sedang kamu rasakan dengan cara bercerita. Jika sulit terbuka pada teman, kamu pun bisa pergi mencari bantuan dari ahli untuk menceritakan kegelisahanmu.


    3. Percaya pada diri sendiri




    Hal ini juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu. Kamu harus selalu percaya pada diri sendiri dan menyadari bahwa dirimu berharga.


    4. Mencari teman baru




    Terkadang salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan mental karena adanya rasa kesepian yang membuat diri menjadi lebih tertekan Cobalah untuk memperbanyak teman, agar kamu mendapat lebih banyak cerita dan pengalaman baru yang membuat kamu kembali bersemangat.

    Kamu juga bisa mencoba hobi baru supaya hidupmu lebih berwarna dan jauh dari kesan monoton.


    5. Berpikir positif untuk diri sendiri




    Cobalah untuk tanamkan hal-hal positif pada diri sendiri, karena jika kamu percaya pada hal baik maka hal tersebut juga akan datang pada kita. Cari juga circle pertemanan dan pekerjaan yang positif agar kamu ikut terbawa influence baik dari mereka.


    6. Perbanyak istirahat




    Jika merasa pekerjaan yang dilakukan terlalu banyak dan tak ada habisnya cobalah untuk beristirahat agar kamu tak semakin stres, Kamu bisa mengatur waktu untuk bekerja dan beristirahat agar tubuh dan otakmu bisa beristirahat.

    Luangkan juga waktu akhir pekan dengan melakukan me time dan beristirahat agar kamu terhindar dari stres.





    (Margaretha Gabriella Ayuditya/ GIO / Images: Photo by Maksim Goncharenok on Pexels, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA on Pexels, Photo by Anastasia Shuraeva on Pexel, Photo by Ba Tik on Pexels, Photo by Riccardo on Pexels, Photo by Acharaporn Kamornboonyarush on Pexels)