Better You

Cara Sederhana untuk Jalani Gaya Hidup Sustainable

  by: Givania Diwiya Citta       2/5/2022
  • Kini, sudah sangat jelas betapa pentingnya peranan kita dalam merawat dunia ini. Efek dari perubahan iklim serta pemanasan global telah ada di depan mata, dan inilah saatnya kita berkontribusi melindungi alam. Berikut adalah cara mudah untuk menjalani gaya hidup berkelanjutan, yang nantinya akan mengubah kehidupan sehari-hari kita.


    1. Dukung dan belanja dari merek sustainable

    Inilah langkah yang paling penting. Merek sustainable menawarkan produk yang ramah lingkungan dan bisa digunakan berulang, dan tidak dibuat dari cara yang murah dan mudah. Merek sustainable jelas adalah cara tepat untuk menyelamatkan bumi. 




    2. Atur tempat sampah daur ulang di sekitar rumah

    Ini adalah aksi cepat yang bisa dilakukan, sekaligus akan menolong banyak hal. Jika kamu menghadirkan tempat sampah daur ulang di rumah, kamu akan lebih terdorong untuk mendaur ulang sampah yang ada di rumah, tidak lagi hanya membuang sampah begitu saja ke dalam tempat sampah. Coba taruh di dapur, tempat kerja di rumah, dan ruangan lain yang sering kamu diami. Kamu pun secara sadar akan melakukan daur ulang karena telah mengenali betapa nyamannya melakukan itu.




    3. Investasi ke mug atau tumbler bepergian

    Kalau kamu adalah seseorang yang tak bisa hidup tanpa kopi setiap hari, maka inilah saatnya untuk berinvestasi dalam opsi yang lebih berkelanjutan. Karena tahukah kamu, jika gelas sekali pakai yang langsung dibuang itu mengandung 5% plastik polyurethane? Hal itu membuat gelas tersebut sulit untuk didaur ulang. Dengan setengah triliun gelas sekali pakai yang diproduksi setiap tahunnya di seluruh dunia, maka ada lebih dari 70 gelas sekali pakai untuk setiap individu dalam planet ini. Jika kamu memilih untuk lebih berkelanjutan, coba beli minuman kopi dari kafe yang memberi diskon jika kita membawa mug atau tumbler sendiri. It’s a win-win situation.


    4. Gunakan tas yang bisa digunakan berulang kali, bukan kantung plastik

    Berbelanja ke toko hanya untuk membeli permen karet dan minuman dingin? Jangan pakai kantung plastik! Selama ini kita telah terbiasa difasilitasi kantung plastik yang akhirnya menjadi sampah saja. Jadi, jika sekarang kamu butuh membawa barang belanjaan, berinvestasilah di tas yang bisa berulang kali digunakan. Bahkan kamu tak perlu punya tas yang membosankan, karena telah ada banyak tote bag lucu yang bisa kamu lipat dan bawa ke mana saja. 

    Memang, menjadi lebih berkelanjutan itu memakan usaha yang lebih banyak dari hari ke hari, namun inilah yang bisa diperbaiki sekarang. Kita menyia-nyiakan planet ini, dan kini saatnya untuk memperbaikinya.





    5. Mengkreasikan pakaian kembali

    Apakah kamu punya celana jeans biru yang tak kamu sukai warnanya? Maka coba bleaching dan tambahkan desain keren pada celana tersebut, buatlah jeans itu unik hanya milikmu. Atau mungkin kamu punya kemeja baggy lama yang tak sempat didonasikan? Coba potong, beri tambalan lucu, cut out, tambah aksesori keren, dan jadikan kemeja itu proyek kecil-kecilannmu.

    Ada banyak cara untuk mengkreasikan ulang pakaian yang tak kamu sukai lagi hingga mentransformasinya jadi barang yang baru! Jadi lain kali, ketika kamu hendak membuang sesuatu, bukalah sisi kreatif dari otak, dan tantang diri untuk membuatnya jadi sesuatu yang baru, keren, dan trendy.


    6. Lupakan fast fashion, belanja dari brand lokal

    Hei, ada banyak, lho, merek lokal yang menawarkan pakaian tak kalah keren dan trendy dari merek fast fashion. Lagipula, kamu akan bertemu dengan banyak orang lain yang pakai baju sama dari fast fashion, bukan? Ditambah, tahukah kamu jika butuh 200 tahun untuk material fast fashion berhasil terurai di tempat pembuangan sampah?!

    Cobalah untuk mendukung bisnis lokal, terlebih saat masa pandemi. Banyak dari mereka yang sama-sama berjuang, jadi sebisa mungkin, berbelanjalah dari merek lokal.


    7. Buat agenda membersihkan pantai dengan teman

    Jika kamu berpelesir ke pantai, cobalah selama 30 menit menyusuri sekitar pantai dan lihat apakah ada sampah yang masih berserakan. Meski kemungkinan besar pasti ada sampah… cobalah untuk membawa kantung sampah (dan sarung tangan!) untuk mengumpulkan sampah tersebut. Bahkan kamu bisa lebih menolong dengan memisahkan mana yang plastik, kaca, dan lainnya. Itu akan memberi perubahan dalam kebersihan pantai di bumi!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitanme.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Freepik / Zainab Damji)