Better You

Duh, 4 Jenis Makan Ini Bisa Turunkan Daya Konsentrasi!

  by: Redaksi       4/5/2022
  • Makanan juga memegang peranan penting dalam menjaga fokus atau daya konsentrasi. Terlebih jika kamu sedang dikejar deadline atau meeting, kamu perlu menjaga asupan makanan agar bisa lebih optimal dalam menyelesaikan pekerjaan. Ada beberapa jenis makanan yang perlu kamu waspadai dan atur porsinya agar bisa tetap fokus. Cek yuk Cosmo Babes, siapa tahu ada camilan favorit kamu nih.




    1. Soy Sauce 




    Laman Eat This Not That melansir bahwa pada studi yang dilakukan Neurology bahwa tensi tinggi yang biasanya dipengaruhi karena terlalu banyak mengonsumsi garam dan makanan bersodium seperti soy sauce dapat membatasi pergerakan darah ke otak dan memengaruhi kemampuan untuk fokus, organisasi, dan memori. Selain itu terlalu banyak kadar garam juga dapat menganggu kesimbangan elektrolit dan dehidrasi ringan. Ada baiknya saat menikmati sushi atau makanan lainnya ada baiknya kamu membatasi konsumsi soy sauce ya.


    2. Daging yang Diawetkan


    Mengonsumsi lembaran daging yang diawetkan dapat menurunkan daya konsentrasi. Ketika tubuh mencerna makanan yang kaya akan garam dan protein maka dibutuhkan kadar air lebih banyak. Akibatnya tubuh jadi kekurangan air dan beresiko dehidrasi seperti dilaporkan Military Medicine pada laman Eat This Not That. Jika sudah dehidrasi tentu kamu pun sulit untuk berkonsentrasi. Ada baiknya setelah memakan makanan jenis ini pastikan kamu juga banyak minum air putih.


    3. Ice Cream




    Tak berlebihan jika banyak yang menyebut ice cream sebagai guilty pleasure. Ada alasan ilmiah mengapa ice cream bisa jadi makanan yang membahayakan jika berlebihan. Kadar lemak jenuh dan gula di dalamnya dapat menurunkan cognitive skills dan memori verbal seperti dilansir Eat This Not That.


    4. Microwave Popcorn


    Popcorn instan jadi jenis makanan lain yang bisa menurunkan kesehatan otak. Termasuk makanan olahan, laman Healthline melansir bahwa makanan jenis ini yang sering dikonsumsi ketika melakukan Western Diet dapat memengaruhi kesehatan otak dan perkembangan penyakit degeneratif.


    Teks: Malcolm Rei/Foto: Pexels-Teejay, Pexels-Pixabay, Pexels-Towfiqu barbhuiya, Pexels-Nadin Sh




    tags: health