Love & Sex

14 Tipe Ciuman yang Wajib Kamu Ketahui!

  by: Giovani Untari       5/5/2022
  • Hot take alert: berciuman adalah salah satu hal paling intim yang bisa kamudan pasangan lakukan.

    (Like, sorry, tapi pasti ada alasan mengapa Julia Roberts menolak untuk berciuman dengan kliennya di Pretty Woman, mmk?!). Hanya saja terkadang aktivitas ini seringkali diabaikan oleh pasangan saat seks mulai masuk ke dalam hubungan mereka.

    Meski banyak yang mengabaikan pentingnya sebuah ciuman, faktanya berciuman memiliki banyak sekali manfaat dalam hubungan. Tidak hanya mengeluarkan semua hormon bahagia aka endorfin (sama seperti seks!), tetapi menurut pandangan kami 10 menit melakukan seks jelas tidak bisa disamakan dengan perasaan mendapat satu ciuman yang penuh cinta.




    Ternyata ada berbagai tipe ciuman yang bisa kamu dan pasangan lakukan- di mana beberapa tipe ciuman ini juga memiliki arti yang berbeda-beda. Layaknya sebuah spektrum: di mana sebuah ciuman dapat mengartikan suatu hal seperti, “Hey, saya siap untuk menikmati malam panas bersama Anda seperti kemarin.”


    Sementara ada pula jenis ciuman lain yang bisa membawa kamu merasa nyaman, bahagia, dicintai, dan tanpa melibatkan nafsu. Ada beberapa ciuman lain yang juga tidak perlu diberikan kepada pasanganmu! (Seperti yang Cosmo bilang, ini sungguh versatile).


    Jadi, apabila kamu sudah siap untuk meningkatkan level ciuman dan menambahkan sensasi ekstra dengan si dia, ini dia 14 ciuman terbaik yang bisa kamu lakukan dengan pasangan (dan kepada orang terdekat):


    1. TOP OF THE HEAD KISS

    Aww, cute. Kamu mungkin ingat pernah menerima ciuman ini dari orangtua saat masih kecil sebelum tidur. “Ciuman di atas kepala adalah cara terbaik dalam membangun kepercayaan dan keintiman,” ujar dating coach asal Amerika, serta host dari program podcast Dates & Mates, Damona Hoffman.

    “Saat Anda merasa terikat dan terlindungi oleh pasangan, hal ini berpotensi membangun hubungan emosional yang lebih mendalam dan juga keintiman fisik. Sebab terkadang yang kita perlukan adalah diperlakukan secara lembut, terutama di waktu-waktu yang berat bagi seseorang.”


    2. THE ROYAL HAND KISS

    Saat seseorang mencium telapak tangan atas dari tangan yang ditawarkan oleh lain. Ini juga merupakan bentuk ciuman yang paling formal. Salam tradisional ini tidak menyiratkan kasih sayang, melainkan sebuah bentuk kesopanan dan penghormatan kepada orang yang tidak kita kenal saat pertemuan pertama.


    3. AIR KISS

    Ciuman satu ini adalah gestur sosial di mana kita memajukan bibir dan saling mendekatkan wajah seperti akan berciuman, namun tanpa benar-benar menyentuh pipi dari orang di depan kita (suara ‘mwah’ kecil juga bukan hal yang wajib).

    Ini bisa berarti ucapan hello, selamat tinggal, dan mengkomunikasikan rasa sayang. Sebuah ciuman yang kamu lakukan kepada teman atau anggota keluarga saat akan berpamitan.




    4. CHEEK KISS

    Salah satu ciuman yang sangat populer di Eropa, di mana kita memberikan ciuman singkat di satu atau dua pipi kepada teman, keluarga, pasangan, bahkan terkadang kepada orang yang baru kita temui sambil berkata, “Senang bisa bertemu dengan Anda”. 

    Tetapi ciuman ini juga sering diberikan setelah sesi kencan romantis bersama si dia sebagai cara sopan untuk memberi tahu bahwa kencan kalian tadi terasa menyenangkan, namun tidak ingin agar hubungan kalian terlalu terburu-buru.


    5. FOREHEAD KISS

    Ciuman di kening adalah sesuatu yang tak biasa dan terasa lebih memorable. Jelas ada alasan mengapa tagar #ForeheadKisses begitu banyak dipakai di Instagram, bukan?

    Tidak hanya memperlihatkan kasih sayang dan kehangatan, ciuman di kening juga menunjukkan rasa cinta yang tulus. Ciuman ini juga diberikan kepada orang yang spesial, seseorang yang memang dicintai.


    6. ESKIMO KISS

    Beberapa orang mungkin berpikir ini adalah hal yang sedikit aneh. Tetapi sejumlah pasangan senang menggesekkan hidung satu sama lain sebagai bentuk ungkapan cinta dan unik dalam hubungan mereka. 

    Tidak ada sentuhan antar bibir dalam eskimo kiss, tetapi ciuman ini tetap bisa terasa intim. Kamu bisa merasa begitu dekat dengan seseorang sambil melihat wajah, matanya, atau lebih memilih menutup mata sambil merasakan hembusan napasnya.


    7. SINGLE LIP KISS

    Tipe ciuman yang seduktif, penuh kehangatan dengan gerakan kamu mencium bibir bawah pasangan sementara ia mencium bibir atasmu (atau sebaliknya!). Ciuman ini adalah teknik menggoda yang sensual sebelum berlanjut ke sesuatu yang lebih ‘panas’.




    8. FRENCH KISS

    Oui, oui! Ciuman dengan bibir terbuka dan melibatkan lidah di dalamnya yang terasa erotis – hampir tidak ada ciuman yang seintens dan membuat kedua orang saling begitu menempel dibanding ciuman ini. 



    Tapi lakukan di tempat tidur atau area private, k? Tentu tidak akan etis rasanya kamu melakukan ciuman ini di pesta pernikahan, di hadapan teman, atau bahkan di tempat umum.


    9. BITE KISS

    Berciuman tetapi sembari bermain-main mengigit bibir, pipi, rahang, tulang selangka, atau leher si dia adalah hal yang sangat menggoda (tapi tanpa meninggalkan hickies, please!).

    Seberapa keras gigitan kamu itu jelas kembali ke pilihan masing-masing. Jadi pastikan untuk memberitahu si dia apa yang kamu sukai. 

    Dan apabila kalian baru pertama kali mencoba jenis ciuman ini, lakukanlah secara perlahan. Mulailah dengan area yang aman dan kalian berdua saling sukai. Sebab jika pasangan tiba-tiba menolaknya, momen intim tersebut akan terasa awkward.


    10. LIZARD KISS

    Ciuman ini hanya perlu menggunakan lidah, that’s it.

    Lizard kiss mungkin menjadi teknik foreplay yang terbilang tidak biasa namun terbilang seksi... hey, jangan berasumsi buruk dulu sebelum kamu mencobanya sendiri!




    11. NECK KISS

    Ciuman di leher adalah jenis ciuman yang sering kita lihat di film atau novel romantis yang dilakukan oleh pemeran utamanya. Jenis ciuman tersebut ternyata bisa lebih sensual lagi di kehidupan nyata! 

    Pasalnya leher adalah area sensitif seksual bagi banyak orang karena terdapat ujung saraf halus dan sensitif. Ciuman dan sentuhan di area ini dapat membuat sesi foreplay terasa lebih membara terutama bagi para perempuan. 


    12. BODY KISS

    Selain leher, ada area tubuh lainnya yang wajib dieksplor melalui ciuman seperti: dada, perut, kaki, dan bokong. Tetapi ini kembali lagi pada preferensi seksual dan kadar rasa geli setiap orang.

    Ingat, apa yang terasa nyaman bagi seseorang belum tentu dirasakan oleh orang lainnya. Cobalah juga untuk memerhatikan dengan seksama bahasa tubuh pasangan, dengan begitu kamu akan mendapat banyak informasi.


    13. NIPPLE KISS

    Mencium, menjilat, dan menghisap nipple pasangan tentu saja wajib masuk kategori ciuman tersendiri. Dan mari jujur, ciuman ini terasa begitu amazing baik untuk para perempuan atau pria. Tetapi sekali lagi, preferensi seksual sesual setiap orang jelas berbeda-beda. 

    Ini adalah area yang perlu memerlukan perbincangan dan perhatian lebih saat melakukannya. Apabila pasangan mendesah saat mendapat nipple kiss, itu adalah sebuah lampu hijau. Tapi jika tubuhnya menolak atau terasa tegang, anggap ini sebagai jawaban untuk tidak melakukannya lagi.




    14. GENITAL KISS

    Tipe ciuman penggoda dengan teknik mencium area bawah tubuh pasangan yang masih menggunakan underwear. Gunakan bibirmu untuk mencari titik foreplay yang ia sukai. Saat pasangan menginginkan lebih, lepaskan semua yang ia gunakan dan bersiaplah untuk mencapai grand finale

    Ohh.. apakah kamu sudah bisa melihat spark di antara aktivitas seru ini?




    (Artikel disadur dari COSMOPOLITAN India Agustus 2020 dengan judul "13 Different Types of Kisses" / Penulis Asli: Brooke Sager and Taylor Andrews / Alih Bahasa: Giovani Untari/FT / Images:  Gustavo Fring from Pexels, Dziana Hasanbekava from Pexels, Andrea Piacquadio from Pexels, Maksim Goncharenok from Pexels,  Ron Lach from Pexels).