Career

Pertama Kali Jadi Pemimpin? Ketahui 5 Hal ini

  by: Redaksi       9/5/2022
  • Berhasil naik jabatan sekaligus menjadi leader di tim tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Meski begitu jangan sampai euforia tersebut membuatmu berpuas diri dan lupa tanggung jawab baru yang diemban. After all, now you’re a leader. Tanggung jawabmu sudah melingkupi seluruh kinerja anggota tim. Lantas apa saja yang perlu kamu persiapkan dan lakukan agar bisa menjadi seorang pemimpin yang tak hanya sukses tapi juga disegani oleh anggota tim mu?

    Prioritaskan Tim




    Meski kini statusmu adalah seorang leader atau manager, namun perlu kamu sadari bahwa tim di bawahmu adalah aset paling berharga dan menentukan kesuksesanmu ke depannya. Maka dari itu penting untuk selalu memprioritaskan mereka. Otoritas dan ego tidak akan pernah bisa berjalan beriringan. Jangan hanya bisa memberi tugas, tapi kamu juga perlu memotivasi mereka agar bisa berhasil. Rayakan kesuksesan secara bersama agar semua orang memiliki sense of belonging. Ketika seseorang gagal mencapai target, hargai usaha mereka.

    Jadi Pendengar yang Baik



    Sure, menjadi seorang pemimpin kamu perlu mempersiapkan strategi untuk mencapai target. Namun melibatkan setiap anggota untuk memberikan pendapat mereka dapat jadi salah satu cara agar membuat mereka merasa dihargai. Jika mereka memberi ide yang belum bisa dijalankan, koreksi dan beberkan alasan yang tepat dan informatif. Jadilah seorang pendengar yang baik dan sosok yang solutif ketika tim mu menghadapi masalah dalam pekerjaan mereka.

    Tak Bisa Menyenangkan Semua Orang


    Adakalanya kamu akan terpaksa mengambil keputusan yang mana kurang bisa diterima oleh semua pihak. Sekalipun kamu memprioritaskan tim namun bukan berarti kamu bisa menyenangkan semua orang. Jika sudah begini maka kamu perlu menjelaskan alasan mengenainya.

    Empati


    Bersikap profesional di kantor bukan berarti tak memiliki rasa empati terhadap sesama. Selain itu empati juga akan memberimu perspektif lain ketika menghadapi masalah di tim dan membantumu berkomunikasi dengan baik dengan mereka.

    Terus Belajar




    Leadership is a skill. Maka dari itu perlu diasah. Jadi pemimpin yang baik adalah sebuah proses belajar setiap harinya. Jangan ragu untuk mengikuti training atau berdiskusi dengan leader di atasmu yang sudah berpengalaman.



    Teks: Malcolm Rei/Foto: Freepik-tirachardz, Freepik-senivpetro, Freepik-lookstudio, Pexels-Ivan Samkov




    tags: karier