Career

4 Tips Bersosialisasi di Kantor Baru untuk Introvert

  by: Redaksi       10/5/2022
  • Hari pertama di kantor baru bisa jadi hal yang paling dinanti. Namun bagi mereka yang memiliki kepribadian introvert mungkin jadi tantangan tersendiri, terutama dalam hal bersosialisasi. Sekalipun kamu bisa bekerja sendiri, namun sebagai karyawan baru di minggu-minggu awal kamu tentu masih perlu adaptasi dan membutuhkan banyak informasi baik mengenai tugas yang diberikan maupun ritme kerja di kantor. Jangan khawatir berikut Cosmo berikan sejumlah tips untuk bersosialisasi di kantor baru bagi introvert.

    First Things First, Always Introduce Yourself




    Memperkenalkan diri tentunya jadi langkah pertama yang harus kamu lakukan. Tidak hanya saat di sesi meeting perkenalan tapi lakukan juga pada rekan di sampingmu dan saat jam istirahat. Beranikan diri untuk memulai pembicaraan. Mulai dari senyum, perkenalkan nama, jabatan, dan akhiri dengan kalimat “Nice to meet you”. Sebelum memulai hari pertamamu, kamu juga bisa melakukan latihan agar lebih rileks.

    Tentukan ‘Target’



    Kamu tidak harus selalu menghabiskan waktu seharian mengobrol dengan semua orang. Tentukan target setiap harinya agar kamu merasa tidak terbebani. Di mulai dari 2 atau 3 orang per harinya juga cukup. Selain itu sapaan ringan seperti “Selamat pagi” bisa juga membantumu untuk akrab tanpa harus selalu mengobrol panjang dengan rekan kerja.

    Jangan Selalu Menolak Ajakan untuk Berkumpul


    Sebagai karyawan baru ada baiknya kamu tidak menolak ajakan dari rekan kantor untuk berkumpul entah itu makan siang atau mungking hangout selepas kerja. Tanamkan mindset bahwa sesekali kamu perlu keluar dari zona nyaman. Beri batasan waktu misal kamu hanya bisa selama satu setengah jam. Setidaknya kamu bisa mengenal rekan-rekan kerjamu lebih personal. Siapa tahu ada yang introvert juga.

    Recharge


    Bersosialisasi bisa membuatmu kehabisan energi. Maka dari itu luangkan waktu untuk beristirahat. Apresiasi diri setiap kamu berhasil memperkenalkan diri atau hadir di acara kantor. Kamu tidak harus langsung dikenal dan akrab dengan semua orang kok. Bersikap ramah, tekun dalam pekerjaan, dan jadi diri sendiri tak hanya akan menunjukkan karaktermu tapi juga kapabilitas yang kamu punya.




    Teks: Malcolm Rei/Foto: Freepik-senivpetro, Freepik-fxquadro, Freepik- Drazen Zigic, Pexels-Andrea Piacquadio




    tags: karier