Lifestyle

Liburan Selesai! Simak 5 Hal Ini untuk Bangun Rutinitas Kembali!

  by: Redaksi       11/5/2022
  • Girls, tidak terasa, libur Hari Raya Lebaran telah usai. Bagi kamu yang sudah liburan ke kampung halaman ataupun jalan-jalan ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, maka kita juga harus kembali dan menghadapi rutinitas seperti sedia kala.

    Tidak sedikit juga yang sudah mulai bekerja dan kembali pada kenyataan. Nyatanya, hari libur membuat kita terbiasa dengan tidak adanya jadwal yang pasti, pekerjaan yang berat setiap hari, dan masih banyak lagi. Untuk itu, bagi sebagian orang kembali ke rutinitas semula menjadi sebuah tantangan tersendiri.

    Tenang saja girls, Cosmo sudah merangkum beberapa hal yang perlu Cosmo babes ketahui untuk kembali dari liburan. Apalagi, bagi Cosmo babes yang sudah kembali bekerja.



    Ini dia 5 hal Ini untuk membantu membangun rutinitasmu kembali:



    1. Tentukan tujuanmu dalam membangun suatu rutinitas baru




    Pastinya kamu memiliki tujuan ketika hendak menjalani hari, bukan? Entah tujuan lama atau tujuan baru yang kamu kejar saat ini, kamu harus mengingatkan diri akan betapa pentingnya tujuan tersebut dan bagaimana cara kamu untuk menggapainya.

    Di sisi lain, liburan pastinya membuatmu tersadar akan aktivitas menyenangkan yang bisa membuat suasana hatimu membaik. Oleh karena itu, jangan lupa selipkan tujuan untuk membahagiakan diri sebagai hadiah atas kerja kerasmu dalam melakukan rutinitasmu. Hard work is important, but do not forget to take a break for yourself!


    2. Rutinitas pagi untuk mengawali hari sangatlah penting!




    Waktu ketika kamu terbangun dari tidur di pagi hari ternyata menjadi waktu yang sangat penting untuk menentukan proses berjalannya harimu selanjutnya. Pagi hari membuka banyak peluang baru bagi seseorang, tidak peduli jika kamu merupakan morning person atau bukan.

    Penanda dimulainya hari bisa saja ditandakan dengan bunyi alarm pagi harimu. Dilansir dari PubMed Central 2020, mengubah alarmmu dari nada getar biasa menjadi ringtone yang penuh melodi seperti lagu pop, instrumental beritmik, ataupun suara alam seperti burung berkicau terbukti dapat menjadi penandamu untuk mengawali hari yang baik.

    Jadi, cobalah mengganti nada dering alarmmu menjadi sesuatu yang baru, seperti lagu yang saat ini kamu senangi. 


    3. Buat to do list setiap harinya






    Aktivitas yang menumpuk yang terkadang terlewat untuk dilakukan olehmu. Oleh karena itu, penting sekali untuk membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan hari ini. Apabila kamu sudah memiliki kebiasaan ini, maka lanjutkan. Kalau belum, ayo mulailah untuk membuat daftar kegiatanmu setiap harinya!

    Kamu bisa memulainya dengan mengelompokkan kegiatan berdasarkan prioritasnya. Dengan menentukan prioritas, maka kamu bisa mengatur kegiatanmu setiap harinya dengan lebih baik lagi.


    4. Banyak bergerak!




    Liburan mungkin membuat banyak orang lebih jarang untuk bergerak. Pola makan yang tidak teratur selama liburan ataupun setelah melalui satu bulan ibadah puasa juga mempengaruhi tubuh yang terasa sangat sulit untuk bergerak ataupun melakukan aktivitas yang berat.

    Untuk itu, jangan lupa untuk banyak bergerak setiap harinya. Kamu bisa melakukan olahraga seperti jogging, bersepeda, ataupun melakukan pekerjaan rumah seperti berkebun, membereskan tempat tidur, mencuci piring, dan masih banyak lagi.

    Di pagi hari, otot-otot tubuh membutuhkan peregangan yang membuat seseorang juga menjadi lebih fleksibel dalam menjalani hari. Dilansir dari PubMed Central, berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak seperti pengambilan keputusan, sampai melatih ingatan dan atensi. Tentunya hal ini sangat berguna bagi kamu yang ingin refresh kembali ingatan sebelum kembali bekerja. 


    5. Jangan lupa terus berhubungan dengan yang tersayang




    Sering diremehkan, ternyata keep in touch dengan orang-orang yang kita sayangi juga penting untuk kesehatan mental kita loh, girls!

    Meskipun waktu pulang kerja rasanya ingin dihabiskan sendirian, jangan khawatir! Hal tersebut adalah hal yang wajar. Perlu Cosmo babes ingat bahwa berbagi cerita dengan orang-orang yang kamu sayangi seperti keluarga dan sahabat mampu membuat suasana hatimu akan lebih baik lagi. Jangan sampai liburan membuat kamu jadi anti-social ya, girls~

    Terakhir, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan baik fisik maupun mentalmu. Lakukan hal-hal yang menyenangkan sebagai selingan aktivitas rutinmu, yang dapat kamu sadari setelah melalui liburan yang menyenangkan. Be consistent!


    (Fishya Elvin/ GIO / Images: Photo by Mikhail Nilov on Pexels, Photo by Suzy Hazelwood on Pexels, Photo by Karolina Grabowska on Pexels)