Love & Sex

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Mengetahui Pasanganmu Selingkuh!

  by: Giovani Untari       12/5/2022
  • Entah itu pasanganmu baru saja ketahuan selingkuh atau sebenarnya telah lama menjalin affair cukup lama dengan seseorang, diselingkuhi jelas merupakan hal yang menyakitkan. 

    Tapi terkadang itu bukan berarti tanda bahwa hubunganmu bersama pasangan sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Meski pada akhirnya Cosmo juga kembali menyerahkan keputusan tersebut kepada dirimu sendiri. 

    Ingatlah babes, bahwa kamu tidak sendiri, sebab akan selalu ada keluarga dan sahabat yang berharap agar kamu mendapatkan kebahagiaan dan semua hal terbaik di dunia ini.




    “Monogami bukanlah hal yang mudah, dan ini bisa menjadi sesuatu yang sulit bagi sejumlah orang,” ujar terapis pasangan Irina Firstein, LSCW kepada Cosmopolitan.com. Dan sementara perasaan diselingkuhi memang menyakitkan, “sebuah hubungan biasanya akan menjadi lebih baik saat pasangan yang terlibat di dalamnya mau bekerja sama untuk membangun kepercayaan dan menyesali kesalahan besar yang pernah ia buat.”


    Sang terapis juga menyebut ada banyak pasangan yang menjadi kliennya justru memiliki koneksi yang lebih kuat setelah tragedi perselingkuhan yang mereka alami.


    Apabila saat ini kamu tengah mengetahui pasanganmu berselingkuh, ini dia 6 hal yang sebaiknya kamu hindari, babes:


    1. Jangan mengabaikan betapa pentingnya kesetiaan

    Kamu bisa saja bersikap seolah tidak ada masalah apapun karena dengan begitu kamu merasa tidak terlalu sakit hati. Tetapi itu artinya kamu sedang membohongi perasaanmu sendiri dan lambat laun akan menimbulkan luka baru dalam hubunganmu dengan pasangan.

    “Yang paling penting adalah memahami betapa pentingnya sebuah kesetiaan, sebab itu akan membuat kita dan pasangan banyak merefleksikan diri dan mencapai apa yang diinginkan dalam sebuah hubungan,” tukas Firstein. 

    Bisa saja rasa tidak setia tersebut hanya hingga satu kali di titik terlemah pasanganmu atau bisa saja pasanganmu berselingkuh karena merasa ada yang hilang dalam hubungan tersebut. Memahami apa penyebab dari mengapa pasangan berselingkuh akan membuat kalian saling belajar dan mencegah perselingkuhan terjadi lagi di kemudian hari. Saatnya fokus untuk maju ke depan dan memperbaiki hubungan ini, dengan catatan jika menurutmu hubungan kalian masih worth it untuk dijalani. 

    Pada akhirnya membangun hubungan yang “baru” dan lebih kuat bersama si dia adalah sesuatu yang mungkin untuk dilakukan.


    2. Jangan menyalahkan dirimu sendiri!

    Selalu ingat pesan Cosmo satu ini: perselingkuhan yang pasanganmu lakukan jelas bukan kesalahanmu

    Kamu tidak bertanggung jawab pada hal tersebut dan tidak berhak untuk merasa terbebani karenana. Dan apabila alasan pasanganmu berselingkuh karena bosan ketimbang ia memilih membicarakannya kepadamu, itu adalah masalahnya, bukan kamu!

    Tidak segalanya kamu harus coba untuk mengerti dan terus mengalah agar hubungan kalian tetap berjalan baik. Kamu juga tidak pantas menyalahkan dirimu sendiri. Firstein juga mengingatkan bahwa jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas keputusan buruk yang dipilih oleh orang lain.




    3. Jangan langsung berusaha untuk membalas dendam

    “Bagi beberapa orang, mereka akan merasa lebih baik apabila menceritakan persoalan selingkuh ini di media sosial.” Tidak heran juga terkadang muncul pikiran untuk langsung membalas dendam dengan cara ikut berselingkuh dari si dia. 



    Ketimbang memutuskan untuk mengubah posisi menjadi lawannya, saat ini yang terpenting adalah membicarakan hubungan kalian ke depannya mau dibawa kemana. Apakah akan dilanjutkan atau harus berhenti sampai di sini? You choose it!


    4. Hindari membawa soal ketidaksetiaan dalam argumen yang tidak berkaitan dengan hubungan kalian

    Sebagai seorang terapis seks, Vanessa Marin mengingatkan hal ini: “Fakta bahwa pasangan berselingkuh jelas bukan berarti Anda bisa membenarkan perilaku untuk terus menyerangnya dengan isu tersebut terhadap masalah lain. Anda harus bisa menempatkan diri dan melepaskan masalah tersebut agar lebih cepat move on.”

    Jadi hindari terus membahas mengenai topik ini pada masalah lain yang terjadi di antara kalian.


    5. Jangan terburu-buru untuk menyembuhkan diri

    Perselingkuhan bisa menyakitkan hati seseorang dalam jangka waktu yang lama. Bersabarlah pada setiap proses yang sedang kamu lalui dan beri tahu pasanganmu bahwa kamu butuh waktu untuk “sembuh” dari luka ini.

    “Sangat penting untuk mengetahui bahwa pasangan yang diselingkuhi mengalami masa yang berat dan sulit untuk kembali seperti sedia kala,” terang Firstein. 

    Akan ada banyak pertanyaan dari mereka yang diselingkuhi jadi biarkan masing-masing untuk lebih memahami diri dan perasaannya.




    6. Malu untuk meminta bantuan dari profesional

    “Sangat jarang masalah perselingkuhan membawa seseorang ke terapis atau lembaga profesional lainnya,” terang Firstein. Padahal ada banyak manfaat dari bercerita masalah tersebut kepada pihak profesional.

    Ya memang, kamu mungkin akan merasa takut atau cemas saat harus menceritakan soal masalahmu kepada pihak profesional. Tetapi penting untuk mengetahui bahwa terapis bisa membantumu membangun emosi yang lebih sehat melalui komunikasi.

    Apabila kamu merasa tetap ingin melanjutkan hubunganmu dengan si dia, jangan khawatir untuk menghubungi pihak profesional dan kamu akan melihat bagaimana hasilnya.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. cottonbro from Pexels, Văn Thắng from Pexels, Logan Rhoads from Pexels).