Better You

3 Pelajaran Hidup dari Film ‘Doctor Strange: Multiverse of Madness’

  by: Redaksi       12/5/2022
  • Siapa nih yang belum nonton film terbaru dari Marvel, Doctor Strange: Multiverse of Madness (MoM)?

    Kalau sudah, pastinya kamu menyadari akan banyaknya makna dan pelajaran hidup yang bisa diambil dari film ini. Film ini memang mengajarkan kita pada banyak hal tentang hidup. Bagi kamu yang penasaran, Cosmo pun sudah merangkumkannya untuk kamu, babes!

    Psst.. hati-hati akan spoiler, ya!





    1. Bersyukur akan hidup yang sedang kita jalani



    Mungkin film terbaru dari Marvel ini akan sedikit membingungkan bagi kamu yang tidak mengikuti serial Marvel lainnya. Bercerita tentang keberadaan semesta yang lain, atau disebut juga multiverse, ternyata seseorang bisa memiliki beberapa versi diri di dunia yang lain.

    Serial Marvel lainnya seperti WandaVision dan Loki juga sudah menceritakan mengenai dunia multiverse, dan sampailah kita pada film Doctor Strange: Multiverse of Madness. Selain Doctor Strange, film ini juga menceritakan kisah Scarlet Witch dan America Chavez.

    Dari konsep multiverse inilah, kita belajar mengenai kehidupan di semesta yang lain. Membayangkan ada versi lain dari diri kita yang hidup lebih bersahaja di dunia yang lain tentunya membuat kita menginginkan kehidupan itu. Hal ini direfleksikan dengan karakter Scarlett Witch yang menginginkan sosok anak yang tidak mampu dimilikinya di dunianya sendiri.

    "I Remain Grateful About This Universe. Even With Its Tribulations."

    Meski banyak tantangan maupun kendala yang sering kita temui dalam hidup, kehidupan yang kita jalani adalah kehidupan kita yang sebenar-benarnya dan sudah sepatutnya kita bersyukur akan apa yang kita miliki saat ini.

    Salah satu karakter di film Doctor Strange yakni Wong berkata bahwa ia memikirkan semua versi dirinya di multiverse, terkhusus versinya yang ‘kurang beruntung’ di dunia yang lain. Hal tersebut membuatnya lebih mengapresiasi kehidupan yang dimilikinya sekarang. Hal itu pula yang kemudian menyadarkan Doctor Strange bahwa semua orang bisa bahagia, begitu juga dengan dirinya sendiri.


    2. Merefleksikan diri: apakah kita sudah bahagia dengan hidup yang dijalani?



    Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang dilemparkan Doctor Strange pada Wong. Setelah perjalanan mengunjungi satu semesta ke semesta yang lainnya, Doctor Strange menyadari bahwa masing-masing versi dirinya menjalani kehidupan yang berbeda-beda.

    Hal yang terpenting dalam menjalani hidup itu adalah bagaimana kita bahagia dengan bersyukur atas apa yang kita miliki sekarang.

    Mencari arti kebahagiaan pada dasarnya menjadi makna di balik film ini. Baik Doctor Strange maupun Wanda atau Scarlett Witch menghadapi kenyataan bahwa kebahagiaan adalah keadaan yang harus mereka terima saat ini, bukan sebuah realitas yang dinilai sempurna.


    3. Semua orang memiliki kesempatan untuk berubah





    Hal ini disadarkan oleh Charles Xavier dari Illuminati yang mendukung Doctor Strange. Di antara ketidaksetujuan anggota Illuminati lainnya akan campur tangan Doctor Strange di dunia mereka, Charles Xavier menyatakan, Just because someone stumbles and loses their way doesn’t mean they are lost forever.

    Kepercayaan semua orang ternyata telah habis oleh Doctor Strange yang berasal dari semesta mereka. Hal tersebut membuat mereka harus mengeksekusi Doctor Strange itu setelah menyadari bahwa ancaman terbesar datang dari dirinya.

    Oleh karena itu, ketika Doctor Strange dari semesta yang tidak mereka ketahui mendatangi dunia mereka, semua tidak mempercayainya kecuali Charles Xavier. Bukan berarti karena Doctor Strange yang mereka kenal berbuat salah dan tersesat, Doctor Strange yang lain juga akan tersesat selamanya. America Chavez juga mendukung bahwa “he’s different than the other Doctor Strange”.


    Bagaimana Cosmo babes? Seru bukan? Untuk kalian yang belum nonton, ini waktunya untuk pesan tiket sekarang juga dan temukan makna film Doctor Strange: Multiverse of Madness versimu!


    (Fishya Elvin/ GIO / Images: Photo by @doctorstrangeofficial on Instagram)