Lifestyle

Simak Alasan Mengapa Kamu Harus Mencuci Pakaian Yang Baru Dibeli

  by: Haninadhira Husaini       17/5/2022
  • Girls, pasti kamu pernah merasa tidak sabar untuk mengenakan pakaian yang baru kamu beli. Tetapi jangan terburu-buru, lho! Pakaian yang terlihat masih bersih dan cerah itu memang pakaian baru, tetapi kemungkinan besar, pakaian itu sudah dicoba oleh orang lain sebelum kamu beli. Mungkin kamu berpikir “Oh tapi aku beli secara online, jadi tak mungkin ada yang mencobanya” padahal bisa jadi, pakaian itu mungkin sudah disimpan terlalu lama di tempat yang kurang bersih sehingga kamu perlu mencucinya terlebih dahulu.

    Well, kalau kamu masih bingung mengapa pakaian baru harus dicuci sebelum dipakai, berikut Cosmo berikan alasan lebih lanjut. Simak!

    Menghilangkan bakteri

    Kita tak pernah tahu dari mana pakaian baru yang kita beli itu berasal. Misal pakaian tersebut berasal dari pabrik dan disimpan dengan pakaian lama lainnya di tempat yang ada bakterinya. Mungkin juga saat dipajang di toko, ada orang yang mencobanya dalam kondisi tidak sehat. Jadi, lebih baik kamu mencuci pakaian baru tersebut untuk menghilangkan bakteri yang ada sebelum kamu mengenakannya.

    Menghindari luntur pewarna

    Sebagian besar kain pada pakaian itu terbuat dari serat sintetis seperti polyester atau akrilik yang diwarnai dengan pewarna azo-anilin, sehingga pewarna ini dapat menyebabkan reaksi atau alergi pada kulit untuk sebagian orang. Untuk itu, alangkah lebih baik jika kamu mencuci pakaian baru agar dapat mengurangi pewarna tambahan yang dapat luntur ke kulit.



    Menghindari iritasi kulit

    Tak hanya pewarna, pakaian terkadang juga mengandung bahan kimia seperti Urea-formaldehida. Urea-formaldehida merupakan bahan kimia yang sering kali digunakan pada pakaian untuk meningkatkan teksturnya atau pada pakaian yang harus dikirim jarak jauh dari satu negara ke negara lain dalam tempat yang panas ataupun lembab sehingga dapat berpotensi tumbuhnya jamur. Sehingga sangat penting untuk kamu mencuci pakaian baru kamu sebelum dipakai karena bahan kimia ini dapat menimbulkan iritasi kulit pada sebagian orang.





    It’s better to be safe than sorry, girls.


    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. Karolina Grabowska on Pexels)