Love & Sex

5 Fakta Pasangan yang Memiliki Love Language 'Words of Affirmation'

  by: Redaksi       13/5/2022
  • Melihat lima tipe love language menurut Gary Chapman, words of affirmation adalah bahasa cinta yang paling umum dimiliki orang-orang. Menurut mereka yang memiliki love language ini, kata-kata lebih penting dibandingkan aksi. Apa yang kamu katakan sangat berpengaruh pada semua hal.

    Seseorang dengan love language words of affirmation akan sangat mengapresiasi segala pujian, ucapan terima kasih, atau apapun yang mereka dapatkan dari orang lain. Akibat dari kepekaan mereka terhadap semua kata yang disampaikan, maka mereka juga sensitif terhadap kata yang mungkin dirasa biasa saja bagi sebagian orang.

    Oleh karena itu, dengan love language ini kamu harus bisa dengan tepat menyatakan bagaimana mereka sangat berarti untukmu.



    Berikut 5 fakta pasangan yang memiliki love language words of affirmation yang perlu Cosmo babes ketahui!



    1. Lebih berfokus pada ekspresi verbal




    Love language words of affirmation bermakna mengomunikasikan rasa sayang atau afirmasi melalui kata-kata. Kata-kata yang positif dapat membuat mereka bahagia. Di samping itu, orang yang memberikan dan mendapatkan rasa sayang atau cinta melalui kata-kata termasuk ke tipe orang yang peka terhadap detail hidup orang lain.

    Tentunya, dengan kepekaan tersebut, mereka juga berharap untuk mendapatkan kepekaan yang sama dari orang lain. Cobalah kata-kata di bawah ini untuk disampaikan kepada pasanganmu:

    “Semuanya lebih baik ketika ada kamu di sampingku.”

    “Aku senang ketika kamu …..”

    “Aku sangat beruntung untuk memilikimu.”

    “Aku suka potongan rambut barumu. Cocok untukmu!”

    “Terima kasih karena sudah …..”


    2. Menciptakan hubungan yang lebih intim




    Salah satu keuntungan dari memiliki pasangan yang memiliki love language tipe ini adalah mampu meningkatkan keintiman emosional yang baik dalam sebuah hubungan.

    Afirmasi yang dilakukan melalui kata-kata juga pastinya meningkatkan frekuensi komunikasimu dengan pasangan. Kata-kata penuh afirmasi juga akan membuat hubungan penuh akan apresiasi yang bermanfaat dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri.


    3. Memotivasi dan mampu meningkatkan harga diri pasangan




    Mendapatkan kata-kata yang penuh dengan afirmasi positif dapat membuat seseorang termotivasi dan meningkatkan harga dirinya. Contohnya, ketika melihat suatu tampilan yang baru dari pasanganmu, apresiasilah mereka karena berani tampil berbeda.

    Hal-hal yang bagi sebagian orang sederhana ternyata memiliki dampak yang sangat besar terhadap mood seseorang dengan love language words of affirmation!

    Fakta menariknya, menurut studi psikologi, memuji orang lain juga berdampak baik bagi kesehatan mentalmu lho, babes!


    4. Meningkatkan urgensi untuk saling mengapresiasi dan menghargai






    Ketika menjalani sebuah hubungan, pasti seringkali sepasang kekasih merasa bahwa kasih sayang yang diberikan satu sama lain timpang. Hal tersebut mungkin terjadi ketika dua orang memiliki love language yang berbeda. Lantas, bagaimana caranya agar pasangan kita memberikan words of affirmation yang setimpal dengan apa yang kita lakukan?

    Pastikan mereka mengetahui bahwa kamu senang akan apa yang mereka lakukan. Ketika mereka tengah memuji atau mengapresiasimu, balaslah dengan, “aku senang kamu berkata demikian”. Ketika kamu meresponnya dengan rasa terima kasih, pasangan juga akan senang dan terpacu untuk melakukannya lagi dan lagi.

    Ketika pasanganmu tidak familiar dengan love language ini, jangan malu untuk mengajarkan mereka kata-kata apa yang kamu sukai. Mungkin kamu bisa memulainya dengan berdiskusi love language apa yang kalian berdua kehendaki. Mempelajari masing-masing bahasa cinta akan meningkatkan keintiman suatu hubungan pula.


    5. Ketulusan kata-kata adalah kunci




    Menjadi nyata tanpa adanya kepalsuan adalah hal yang terpenting. Tidak peduli seberapa sering kamu memuji atau mengapresiasi pasanganmu, apabila mereka menyadari bahwa kamu tidak bersungguh-sungguh, semua yang kamu lakukan tidak akan bermakna. Lakukan semuanya dari hati, karena orang dengan love language ini sangat peka terhadap perasaan orang lain.

    Dalam mencapai ketulusan ini, seseorang harus menanamkan rasa empatik yang tinggi dalam dirinya. Ketika pasanganmu sedang merasa tidak baik, kamu harus menempatkan diri berada di kondisi yang sama dengannya untuk meningkatkan ketulusan dari tiap kata yang akan disampaikan.


    APA YANG HARUS DILAKUKAN DAN TIDAK DILAKUKAN?


    Words of affirmation adalah bahasa untuk menunjukkan kasih sayang dengan kata-kata. Tidak hanya dengan ucapan, tetapi kamu juga bisa menyampaikannya melalui surat, mengapresiasi mereka di depan umum, sampai terus menunjukkan kelebihan yang mereka miliki.

    Dikarenakan kata-kata adalah hal terpenting bagi orang dengan love language ini, kamu juga harus berhati-hati akan setiap kata yang kamu sampaikan. Kata-kata berkonotasi negatif hingga kritikan akan mudah melukai orang-orang dengan love language words of affirmation.

    Love language words of affirmation memang tampak sederhana, tetapi sulit diterapkan apabila kamu memiliki love language yang berbeda. Dengan begitu, sangat penting untuk mengetahui, memahami, dan mengimplementasikan love language pasanganmu, khususnya apabila love language pasangan berbeda dengan yang kamu miliki.


    (Fishya Elvin/ GIO / Images: Photo by Van Thang on Pexels, Photo by Git Stephen Gitau on Pexels, Photo by Nandhu Kumar on Pexels, Photo by Mentatdgt on Pexels, Photo by Cottonbro on Pexels, Photo by Ricardi Esquivel on Pexels).