Fashion

Simpel Tapi Sering Dilupakan, 4 Cara Ini Buat Pakaian Lebih Awet

  by: Redaksi       13/5/2022
  • Merawat baju memang bukan hanya tentang mencucinya saja. Bahkan dalam hal mencucinya pun ada berbagai metode yang perlu disesuaikan berdasarkan jenis bahan dan bahkan detail yang menghiasinya. Meski begitu ada beberapa cara sederhana yang mungkin sering kamu lupakan namun dapat membantu memperpanjang umur bajumu. Apa saja?

    Baca Label Instruksi Pakaian





    Sering kali dianggap remeh, padahal kehadiran label instruksi pencucian pakaian ada untuk membantumu bisa merawat pakaian dengan baik. Tidak semua pakaian bisa dicuci menggunakan mesin. Beberapa seperti blazer dan dress berbahan tertentu ada yang hanya bisa dicuci dengan metode dry clean. Bahkan sering kali pada label instruksi juga disertakan jenis air yang digunakan, dingin atau hangat, untuk pencucian serta suhu penyetrikaan.


    Jangan Menggantung Sweater


    Menggantung pakaian sering jadi solusi gampang agar lemari terlihat lebih rapi. Apalagi jika pakaian sudah menumpuk. Namun pakaian berbahan rajutan seperti sweater dan kardigan ada baiknya jangan digantung karena bisa membuatnya melar terutama pada bagian bahu.

    Hindari Mencuci Celana Jeans Terlalu Sering


    Dari sekian jenis pakaian, jeans jadi yang mungkin terbilang unik dalam hal perawatan. Meminimalisir frekuensi pencucian justru jadi cara agar membuatnya awet. Label Levi’s pada situsnya menganjurkan setidaknya cuci jeans setelah 10 kali pemakaian. Jika terkena noda bisa dibersihkan memakai kain atau sikat gigi dan sabun. Serta ketika mencuci, gunakan air dingin.

    Bersihkan Pakaian Begitu Terkena Noda




    Ketika pakaian terkena noda semisal saus, makeup, dan lainnya maka langsung bersihkan sesegera mungkin. Apalagi jika kamu termasuk yang sering menumpuk cucian hingga banyak. Semakin lama noda didiamkan akan semakin sulit dihilangkan.


    Teks: Malcolm Rei/Foto: freepik, freepik-wayhomestudio, freepik-lookstudio




    tags: tips fashion