Better You

11 Olahraga yang Membakar Banyak Kalori selain Jogging

  by: Giovani Untari       15/5/2022
  • Suka atau tidak suka, berlari merupakan salah satu olahraga yang baik untuk kardio dan membantu membakar kalori. 

    Bayangkan berlari sepanjang 9 km secara konsisten selama satu jam, kamu sudah bisa membakar hingga 557 kalori! Bahkan jika melakukan jogging kamu juga bisa membakar sebanyak 398 kalori per-jamnya.

    Tetapi kalau kamu bukan termasuk pecinta olahraga lari atau jogging, jangan khawatir sebab Cosmo punya berbagai jenis olahraga lainnya yang efektif untuk membakar kalori



    Siapkan sepatu olahragamu sekarang, dear!



    1. Bersepeda

    Bersepeda setiap pagi atau hanya dalam rute terdekat juga ternyata sama efektifnya dalam membakar kalori seperti jogging (ada sekitar 398 kalori yang terbakar!).

    Jadi waktunya membersihkan sepeda lamamu atau mengambil kelas sepeda statis di tempat gym-mu. Kedua aktivitas ini bisa membakar hingga 483 kalori per-jam, tergantung kecepatan dan daya tahanmu.


    2. Jet Skiing

    Kamu mungkin tak pernah menyangka bahwa kalori yang terbakar saat mengendarai jet ski adalah sekitar 398 kalori per-jamnya! Aktivitas tersebut bahkan memungkinkan kamu membakar lebih banyak kalori hingga 86 kalori dibanding berkuda!

    Para ahli menyebut olahraga air mampu melatih otot di area core, paha depan, paha belakang, dan bagian atas tubuh karena memerlukan keseimbangan dan usaha untuk membuat tubuh tetap tegap.


    3. Mendaki dengan tambahan beban

    Bagi kamu yang senang mendaki di akhir pekan, ini kabar baik buatmu! Agar proses membakar kalorimu bisa lebih maksimal, cobalah untuk menambahkan berat hingga 5 kg ke dalam tas hiking-mu. 

    Maka kamu bisa membakar hingga 415 kalori per-jam dengan mendaki menggunakan kecepatan regular.



    4. In-line skating

    Selain menyenangkan, olahraga ini membuat kita merasa sedang berlari di atas roda. Tahukah kamu bahkan bermain sepatu roda jenis roller-blade ternyata tidak membakar kalori sebanyak in-line skating! Olahraga jenis ini mampu membakar 426 kalori per-jam dan lebih menyenangkan dibanding jogging. Whee!


    5. Dance

    Aerobic dance bisa membakar sampai 443 kalori selama satu jam. Dan ya, dance di party malam minggumu jelas dihitung!




    6. Rock Climbing

    Okay, tahukah kalau kamu bisa membakar 454 kalori per-jam saat melakukan gerakan naik dan 284 kalori saat turun.


    7. Skipping

    Permainan favoritmu saat masih kecil ini ternyata merupakan olahraga yang luar biasa. 

    Tergantung kecepatan serta intensitasmu saat melompat, faktanya skipping bisa membakar 670 kalori selama satu jam. Lompatlah sebanyak 100 kali per-menit agar mendapat hasil yang lebih maksimal dalam membakar kalori.




    8. Mendayung

    Meski olahraga satu ini terlihat low-key, tetapi sebenarnya duduk sembari mendayung juga tak kalah efektif membuat tubuh berkeringat hingga membakar kalori.

    Olahraga ini mengandalkan kekuatan lengan dan kakimu agar menjaga postur tetap stabil. Sehingga tidak mengherankan jika mendayung bisa membakar sekitar 682 kalori selama satu jam. High-intensity session!


    9. Boxing

    Tidak hanya terlihat fierce, boxing adalah opsi bagi kamu yang sedang membutuhkan aktivitas untuk membakar kalori dalam jumlah banyak.

    Olahraga ini bisa membakar sampai 727 kalori selama sesi latihan satu jam. Atau coba juga kelas kickboxing yang lebih less-intimidating namun dapat membakar 585 kalori selama 60 menit.


    10. Berenang

    Catat ini, babes! Berenang dengan gaya dada bisa membakar 585 kalori per-jam, gaya punggung 540 kalori per-jam, sedangkan gaya kupu-kupu mencapai 784 kalori per-jam. Semuanya tergantung kecepatan berenangnya apakah sedang ataupun kuat.




    11. Berlari naik turun tangga

    OK, OK, mungkin secara teknis ini akan terasa sama melelahkannya seperti berlari pada umumnya. Tetapi olahraga ini lebih praktikal dibanding berlari di jalanan, apalagi bagi kamu yang tinggal di apartemen atau yang memiliki ruang terbuka terbatas.

    Berlari pada permukaan yang bertahap dapat membakar 300 kalori lebih banyak dibanding berlari di permukaan yang datar. Jadi totalnya kamu bisa membakar 852 kalori per-jam dan menjadi olahraga yang layak untuk kamu coba.


    *Semua perkiraan kalori berdasarkan aktivitas orang dewasa yang memiliki berat sekitar 56 kg. Semua perhitungan tersebut juga pernah dimuat di Medicine and Science in Sports and Exercise dan perhitungan kalori dilakukan berdasarkan riset tersebut.

    Apabila beratmu di atas 56 kg, maka ada kemungkinan kalori yang terbakar dari aktivitas di atas lebih sedikit. Begitu juga sebaliknya.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images:  Dok. Coen van de Broek on Unsplash, Holly Mandarich on Unsplash, David Hofmann on Unsplash, Element5 Digital on Unsplash, Serena Repice Lentini on Unsplash).