Lifestyle

5 Tips Menjadi Bahagia Tanpa Bergantung pada Orang lain

  by: Redaksi       17/5/2022
  • Girls, tanpa disadari kebanyakan dari kita sering menggantung kebahagian pada orang yang paling dekat dengan kita atau sebuah materi. Nyatanya, kebahagiaan selalu berasal dari diri kita sendiri.

    Pasalnya, kalau kamu menggantungkan dirimu pada orang lain seperti sahabat atau pacar dan juga pada materi, justru akan membuat hidupmu menjadi lebih hampa dan terikat. Berikut, Cosmo berikan lima tips menjadi bahagia tanpa bergantung pada orang lain:




    1. Berdamai dengan masa lalu





    Jika kamu ingin bahagia, cobalah untuk berdamai dengan masa lalu dan memaafkan diri sendiri. Semua pastinya memiliki pengalaman dan kejadian yang membuat kamu menghukum dirimu sendiri.

    Jadi, cobalah untuk melepaskan yang sudah lalu dan jadikan hal tersebut sebagai pelajaran.


    2. Selalu bersyukur




    Kamu juga perlu untuk bersyukur atas apa yang tengah kamu jalani dan kamu miliki saat ini.

    Dengan bersyukur, kamu bisa menjadi bahagia dan tenang karena kamu bisa menghargai apa yang kamu miliki saat ini tanpa harus merasa insecure dan iri dengan orang lain.


    3. Jangan menuntut selalu sempurna




    Memiliki ambisi untuk diri sendiri memang baik, namun ambisi yang terlalu berlebihan membuat kita lupa akan standar yang telah kita buat.

    Tak ada orang yang sempurna dan wajar jika kamu gagal. Kamu hanya perlu menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya.


    4. Mengenal diri sendiri lebih dalam




    Kamu juga perlu mengenal diri kamu sendiri secara mendalam. Coba luangkan waktu untuk dirimu sendiri dengan melakukan beberapa hal seperti journaling dan melakukan hobi, dengan begitu kamu bisa memahami self-reflection-mu


    5. Jujur pada diri sendiri




    Cobalah untuk menggantungkan rasa kepercayaan pada dirimu sendiri dengan memikirkan bahwa dirimu pantas untuk bahagia walaupun tak ada orang lain di sisi kita. Mulailah untuk menghadapi masalah dan mengekspresikan emosi dengan baik.


    (Margaretha Gabriella Ayudityas/Images:Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by omid bonyadian on Pexels, Photo by Andrea Piacquadio On Pexels, Photo by Vlada Karpovich on Pexels, Photo by Victoria Borodinova on Pexels)