Lifestyle

5 Rekomendasi Tempat untuk Menikmati Seni di Jakarta

  by: Redaksi       16/5/2022
  • Calling out all art lovers! Karena kali ini Cosmo telah mengumpulkan beberapa rekomendasi tempat untuk menikmati seni di Jakarta yang pastinya artsy dan Instagrammable. Tempat di bawah ini juga cocok untuk kamu yang hobi melakukan photo hunting!

    Penasaran apa aja destinasinya?






    1. RUCI Artspace




    RUCI yang berarti sumber cahaya dalam Sanskrit adalah sebuah artspace di Jakarta Selatan yang berdedikasi untuk memberikan platform berekspresi terhadap seniman muda Indonesia. Pameran seni di RUCI sering berganti dari satu seniman ke seniman lain, namun semuanya selalu dikemas dengan cara yang unik dengan kegunaan berbagai macam medium supaya membuat experience yang seru untuk pengunjung. Sekarang RUCI artspace sedang mengadakan solo exhibition dari Haris Hazka yang berjudul Past, Present, Future: An Abstract Exploration into Temporality.

    RUCI Artspace ini juga terletak tepat di atas RUCI’s Joint yang merupakan kafe dan bar. Jadi setelah melihat-lihat di artspace, kamu bisa langsung makan enak sambil bersantai di RUCI’s Joint.

    Lokasi: Jl. Melawai VIII No.21, Jakarta Selatan
    Harga Tiket: Gratis

    2. ROH Projects




    Dengan lokasi yang cukup tersembunyi, ROH Projects menjadi salah satu destinasi yang patut didatangi oleh para pencinta seni. Berawal sebagai private gallery di 2012, ROH Projects telah berkembang menjadi sebuah galeri yang berdedikasi untuk menampilkan perkembangan contemporary art di Indonesia. Gallery ROH Projects sendiri memiliki interior yang bernuansa industrial dan minimalist jadi banyak banget spot foto untuk kamu yang ingin foto OOTD!

    Seni yang ditampilkan di ROH Projects sangat beragam, mulai dari lukisan sampai sculpture dari berbagai medium. Karena keunikannya, ROH Projects menanamkan sistem RSVP bagi kamu yang ingin berkunjung agar lebih tertib dan nyaman. Jadi kalau kamu ingin melihat karya seni di ROH Projects jangan lupa reservasi dulu ya, dear!

    Lokasi: Jl. Surabaya No. 66, Menteng
    Harga Tiket: Gratis

    3. IMAGISPACE




    Rekomendasi selanjutnya dari Cosmo didedikasikan untuk kamu yang suka dengan seni dan mencari sesuatu yang baru. Perkenalkan IMAGISPACE Innovative Art Experience yang merupakan art exhibition interaktif di Jakarta Selatan. IMAGISPACE menampilkan berbagai macam digital art yang lucu dengan feel yang berbeda di setiap ruangannya.

    Lokasi: Ashta District 8, UG
    Harga Tiket: Rp. 100.000 ( Senin - Minggu )
                           Rp. 90.000 ( Senin - Jumat )


    4. Galeri Salihara




    Sebagai pusat kesenian milik swasta pertama di Indonesia, Galeri Salihara telah menjadi tempat yang cukup terkenal diantara pecinta seni Jakarta. Galeri Salihara menampilkan berbagai macam karya seni mulai dari lukisan, trimatera sampai multimedia. Karya seni yang ditampilkan di Galeri Salihara berasal dari seniman lokal maupun internasional.

    Dengan arsitektur gedung yang unik dan bernuansa industrial, kamu dipastikan puas banget berfoto-foto di galeri seni yang satu ini. Selain pameran secara langsung, Galeri Salihara juga menyediakan pameran virtual yang bisa kamu akses di website mereka.

    Lokasi: Jl. Salihara No. 16, Jakarta Selatan
    Harga Tiket: Gratis


    5. 2madison Cafe & Artspace




    Last but not least, ada 2madison Cafe & Art Space yang terletak di Jalan Bangka Raya di dalam Gedung PROMENADE. Sebagai sebuah kafe sekaligus art space dan art shop sentuhan artistik terlihat di interior kafe yang penuh warna dan perpaduan tekstur yang berbeda. Selain itu, banyak karya seni yang dipajang di seluruh interior kafe jadi tentu banyak banget nih spot foto cantik di dalam kafe. Untuk art gallery nya sendiri terletak di lantai dua dan tidak memungut biaya apapun yaa untuk kamu yang ingin berkunjung.

    Lokasi: Jl. Bangka Raya no.20, Jakarta Selatan
    Harga Tiket: Gratis

    (Ameina Dewi / GIO / Photos by Instagram @ruci.art, @rohprojects, @imagi.space, @komunitas_salihara, @2madison_gallery)