Beauty

6 Alasan Pentingnya Memakai Moisturizer & Sunscreen di Luar Ruangan

  by: Redaksi       16/5/2022
  • Girls, siapa yang belum secara rutin mengaplikasikan moisturizer dan sunscreen ke kulit khususnya ketika kamu tengah beraktivitas di luar ruangan? 

    Mengaplikasikan moisturizer dan sunscreen secara rutin merupakan hal yang penting apabila kamu hendak merawat kulit yang sehat. Selain itu ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan moisturizer dan sunscreen setiap harinya.

    Untuk memahami seberapa penting moisturizer dan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan, yuk cek hal-hal di bawah ini:




    1. Kandungan moisturizer memiliki beberapa manfaat khusus





    Mengutip Medical Center dari University of Tennessee, moisturizer memang salah satu fondasi skincare yang terpenting tetapi ada beberapa kandungan khusus yang harus kamu perhatikan karena dinilai lebih baik dibanding kandungan yang lainnya.

    Gunakan moisturizer dengan kandungan vitamin A dan vitamin B5 untuk meningkatkan kekencangan dan kelembapan kulit. Atau gunakan juga vitamin C dan E untuk melindungi lapisan kulit yang baru dan menghilangkan kulit yang rusak.

    Dengan kandungan yang dimiliki moisturizer ini, maka kamu dapat tampil dengan kondisi kulit yang baik, sehat, dan terlindungi ketika berada di luar ruangan.


    2. Terpapar panas membuat kulitmu membutuhkan perlindungan dan moisturizer




    Jangan melewatkan penggunaan moisturizer setelah mandi, bercukur, atau setelah melakukan exfoliation pada kulit. Air panas yang digunakan saat mandi menghilangkan kelembapan kulit sehingga membuatnya kering. Kulit yang sudah kering akan semakin kering ketika terpapar panas di luar ruangan, jadi jangan lupa untuk menggunakan moisturizer dan sunscreen ya!

    Tips lain selain menggunakan moisturizer setelah mandi adalah mencoba mandi dengan waktu yang singkat menggunakan air hangat atau dingin untuk mendapatkan kondisi kulit yang berbeda!


    3. Moisturizer dapat menjaga kelembapan kulit bahkan ketika tubuh kekurangan cairan 




    Salah satu hal yang dapat menjaga kulit tetap awet muda adalah tercukupinya cairan di dalam tubuh. Kulit pada bagian wajah, telinga, dan dada sangat sensitif akan perubahan suhu sehingga bagian kulit ini pun rentan rusak. Oleh karena itu, jika cairan tubuh tidak terpenuhi maka melembapkan kulit khususnya pada bagian-bagian ini sangat diperlukan.

    Selain itu, minum delapan gelas seharinya juga mampu melembapkan kulit. Cairan yang kita konsumsi ke dalam tubuh kita juga berperan sebagai moisturizer lho, babes!




    4. Kandungan SPF 30 ke atas pada sunscreen baik untuk melindungi kulitmu




    Sama seperti moisturizer, memilih sunscreen juga terkadang membingungkan karena banyaknya kandungan khusus yang berbeda. 

    Untuk hasil terbaik, pilihlah sunscreen dengan SPF 30 ke atas karena mampu melindungi kulit seutuhnya. Perhatikan juga jumlah tanda + yang terdapat di dalam sunscreen kamu. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali ketika kulit tergosok dengan handuk ataupun terkena air.


    5. Sunscreen juga melindungi kulit dari radiasi UV berbahaya




    Sebagai bagian terluar dari tubuh kita, kulit memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Namun, dampak dari paparan sinar UV juga dapat meningkatkan inflamasi, perubahan warna pada kulit, risiko kulit terbakar, sampai munculnya kanker kulit!

    Nah, sebelum itu terjadi, maka kamu bisa melindungi kulitmu dengan pengaplikasian sunscreen dengan rutin. Bahkan meski berada di dalam rumah atau ruangan tertutup, kamu juga wajib menggunakan sunscreen ya.


    6. Cegah penuaan dini dengan menggunakan sunscreen




    Mengutip Mahoney Dermatology, terpapar sinar matahari khususnya saat berada di rentang umur 20-30 tahun dapat menyebabkan photoaging atau penuaan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Penuaan dini ini salah satunya ditandai dengan adanya kerutan atau garis-garis halus di wajah. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan sangatlah penting!


    Nah Cosmo babes, penting sekali untuk menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Jadi jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan moisturizer dan sunscreen untuk menjaga kesehatan kulitmu, ya!


    (Fishya Elvin / GIO / Images: Photo by Moose Photos on Pexels, Photo by Karolina Grabowska on Pexels, Photo by Greta Hoffman on Pexels, Photo by Alesia Kozik on Pexels, Photo by Anna Tarazevich on Pexels, Photo by SHVETS Production on Pexels, Photo by Armin Rimoldi on Pexels).