Fashion

Serba-serbi dari Rangkaian Fashion Show Koleksi Cruise 2023

  by: Redaksi       20/5/2022
  • Selain fashion week di bulan Februari dan September yang ditujukan untuk koleksi musim spring/summer dan fall/winter, label fashion juga melansir koleksi transisi di antara keduanya. Dinamakan cruise atau resort, sebagai peralihan dari musim dingin ke semi. Lalu pre-fall, dari musim panas ke gugur.

    Label-label fashion besar bahkan tak sekadar mengunggah foto koleksi secara online tapi mengadakan peragaan di kota-kota kenamaan. Biasanya lokasi dipilih berdasarkan kesesuaian tema atau sumber inspirasi. Meski tak jarang ada kaitannya dengan bisnis. Baru-baru ini mereka baru saja mempresentasikan koleksi cruise untuk tahun 2023 nanti.

    Berikut sejumlah hal menarik yang terjadi dari rangkaian fashion show koleksi cruise 2023.



    Lokasi



    Chanel memilih Monte-Carlo Beach Hotel, Monako sebagai lokasi peragaan koleksi cruise 2023 pada 5 Mei 2022 lalu. Salk Institute di San Diego, dengan gedung mahakarya arsitek kenamaan Louis Kahn dipilih Nicolas Ghesquière untuk jadi panggung koleksi Louis Vuitton. Sementara itu Castel del Monte, sebuah kastil klasik dari abad ke-13 di Italia digunakan Gucci.

    Tema dan Inspirasi


    Tiap brand memiliki inspirasi yang unik dan berkesan personal. Menamai koleksinya sebagai Gucci Cosmogonie, Alessandro Michele selaku creative director mengulik filosofi di balik konstelasi sekaligus pemikiran filsuf Walter Benjamin dan sahabatnya, Hannah Arrendt.

    Alam, tepatnya cahaya, diakui Ghesquière jadi sumber ilham kreasi terbarunya untuk Louis Vuitton. Chanel mendaulat Monako sebagai lokasi fashion show karena memiliki ikatan personal dan historis dengan anggota kerajaannya yakni Putri Caroline yang merupakan sahabat Karl Lagerfeld, dan juga klien loyal dari koleksi couture Chanel.

    Fantasi vs Fungsional


    Busana yang sarat akan unsur fantasi dan fungsional jadi dua tema besar yang mewarnai koleksi cruise 2023. Louis Vuitton dengan tema futuristiknya menghadirkan jaket dengan sculpted collar serta crop top dengan rok pendek aksen draping. Gucci bermain dengan siluet oversized, material transparan, dan motif spiral nan retro.

    Di sisi lain, Chanel menawarkan rangkaian busana yang chic, santai, dan elegan dalam permainan warna-warna pastel.

    Jumlah Look yang Masif




    Meski jadi koleksi transisi bukan berarti para label ini menghadirkan rancangan dengan jumlah yang terbatas. Louis Vuitton total menampilkan 57 looks. Chanel menawarkan 67 looks. Gucci jadi yang paling banyak di mana menghadirkan 102 looks.

    Selebriti yang Hadir


    Tak lengkap mengadakan fashion show tanpa dihadiri selebriti. Chanel memboyong sejumlah brand ambassador seperti Kristen Stewart. Di peragaan Louis Vuitton, tampak Gemma Chan duduk di baris terdepan. Dakota Johnson jadi salah satu selebriti yang hadir di fashion show Gucci.


    Teks:Malcom Rei/Foto:Chanel,Louis Vuitton,Gucci



    tags: fashion show