Celebrity

Amber Liu: Cerita Soal Industri K-Pop, Inkulisivitas, Hingga EP 'Z'!

  by: Dheniel Algamar       19/5/2022
  • Fotografer: Emily Sandifer

    Teks oleh: Min. A. Lee, Dheniel Algamar.




    Rasanya sulit untuk tidak jatuh cinta pada sosok Amber Liu yang rendah hati dan memiliki selera humor yang santai dan menyenangkan. Suaranya yang memikat telah berhasil memenangkan hati lebih dari jutaan penggemarnya sejak ia menjadi bagian dari mantan girl group asal Korea Selatan f(x), hingga setelah merilis EP terbarunya, penutup yang sangat dinanti-nantikan dari trilogi X, Y?, yaitu Z!.  


    Cosmo kali ini menghabiskan hari dengan Liu untuk berbicara tentang musik, mendukung inklusivitas di dalam dan di luar industri K-pop, hingga menjelajah ke Twitch untuk bermain bersama para profesional.

    Dari musik hingga online game, ia terlibat dengan penggemar di berbagai sektor. Cosmo kini mengerti mengapa dirinya mendapat begitu banyak tweet, dan ya Cosmo juga mencoba bertanya tentang komentar paling gila yang pernah ia terima! 



    Jaket dan jeans, XOALIFESTYLE; T-shirt, Blue Boii.


    Selamat atas EP 'Z' Anda! yang dirilis bulan lalu, bagaimana rasanya mengakhiri proyek trilogi tersebut?

    Saya sangat lega karena akhirnya sudah rilis. Saya merasa ada banyak rasa kecemasan yang menumpuk saat mengerjakan sebuah proyek, terutama ketika ada banyak bagian yang harus dikerjakan. Banyak sekali momen eksperimen dan mencari jati diri. Saya benar-benar bersyukur para penggemar ikut serta dalam perjalanan ini. Sekarang, saya sedang mengerjakan proyek berikutnya. 


    Apa lagu favorit Anda dari 'Z' ?

    Dari Z! Saya sangat menghargai "LATELY" karena saya menulisnya untuk teman yang telah meninggal dunia. Ia sangat berpengaruh pada semua yang saya lakukan hari ini. Ternyata kepergian dirinya memukul saya lebih keras dari yang saya kira. Ketika kita bekerja keras tanpa henti dan tidak pernah menghadapi perasaan sendiri, lama-kelamaan perasaan ini akan memuncak menjadi sesuatu yang buruk. Saya mengungkapan banyak kesedihan dan kemarahan masa lalu yang belum pernah saya hadapi dan menyadari bagaimana hal tersebut dapat menyakiti orang-orang di sekitar dan diri saya sendiri. Namun saya berada di tempat yang lebih baik sekarang. Saya tahu cara untuk menghadapinya dengan menjalani hari demi hari dengan kecepatan saya sendiri.  



    Blazer, celana pendek, Angelika Jozefcyzk; sepatu bot, Stuart Weitzman; jewelry, milik stylist.


    Anda berkolaborasi dengan Jackson Wang, Gen Neo dan LXX di EP 'Z', bagaimana awalnya hal ini bisa terjadi?

    Bertumbuh dewasa, Jackson dan saya tak pernah mengira akan berkolaborasi, tapi ternyata BAM! kami melakukan ini. Kami sering bertemu tanpa direncanakan, kadang-kadang bertukar pesan, dan mencoba yang terbaik untuk saling mendukung satu sama lain. Kami pun bertukar ide dan demo musik. Lagu “EASIER” ini rasanya cocok untuk Jackson ikut berpartisipasi, dan saya senang ia bersedia. Gen adalah salah satu teman lama/mentor saya. Saya selalu mencarinya ketika merasa down dan saat ingin menulis lagu. Sebelumnya, kami sempat berduet di sebuah mixtape dan memang selalu ada rencana untuk membuat sekuel. Terkadang saya bilang, "hey, cobalah potong bait kedua," dan dia akan membalas, "tentu, orang lain bisa merekamnya nanti". Dia adalah musisi dan artis yang luar biasa. Kalau LXX, dia awalnya adalah teman bermain skateboard saya. Kami bisa menghabiskan semalaman skating hingga pagi. Saya menyarankan Gen untuk mengikutsertakan LXX dan ternyata LXX menghadirkan dinamika baru yang sangat membantu dalam penciptaan lagu.


    Mari berbicara tentang lagu “BAD DECISIONS”, bisakah Anda menceritakan pengalaman di balik lagu ini dan bagaimana Anda mengatasinya?

    Wow. Saya punya banyak hahaha.. Begadang, terlalu banyak bekerja, menjadi seorang serial cleaner. Saya membebani diri sendiri dengan banyak hal. Terlalu banyak. Saya pikir ketika tidak berhasil, saya jadi terpaku pada hal-hal yang "useless" dan menjadi sangat stres. Saya biasa mengatur ulang perabotan rumah setiap beberapa minggu atau membersihkan semua rak karena satu hal yang tak beres dan akhirnya mengembalikan barang-barang tersebut seperti semula tetapi dengan sudut yang berbeda.

    Saya masih harus menghadapi anxiety tetapi saya mencoba untuk mengambil waktu untuk bernapas dan kemudian mundur selangkah. Saya beristirahat dari media sosial ketika merasa overwhelmed dan mencoba menemukan kebiasaan kecil yang membuat relaks. Favorit saya saat ini adalah berbaring di tempat tidur dengan anjing saya, JackJack


    Setelan jas, Song of Style; sepatu, Chanel; jewelry, milik stylist.


    Melihat kembali hari-hari saat di f(x) , bagaimana Anda menangani tekanan industri K-pop?

    Sejujurnya saya tidak berpikir saya benar-benar "menanganinya", saya hanya melakukannya. Saat itu saya masih muda dan melakukan apa saja yang diperintahkan, tidak mengetahui dampak jangka panjangnya. Jangan salah paham, saya sangat berterima kasih atas pengalaman dan para member, tetapi saya merasa perlu menemukan jati diri saya sendiri. Banyak orang mendengar tentang tekanan saat berada di industri tersebut, tetapi bahkan ketika saya berada di tengahnya, saya tidak tahu bagaimana saya bisa melewatinya.

    Saya memiliki anggota dan beberapa teman baik yang benar-benar membantu saya melewati masa-masa terburuk. Pantang menyerah dan terus mengambil langkah kecil secara perlahan tetaplah melangkah maju, kan


    Dengan segalanya - baik dan buruk – yang telah Anda pelajari semasa berada di industri K-POP: bagaimana sebuah komunitas bisa menjadi lebih inklusif? Bagaimana Anda mendukung inklusivitas?

    Salah satu caranya adalah dengan melakukan percakapan jujur dari hati ke hati. Ada begitu banyak suara di dunia ini dan langkah dunia semakin cepat. Dalam rentang waktu yang kecil, ada banyak hal bisa terjadi. Terkadang di lokasi shooting, segalanya bisa memanas dan saya melihat banyak hal yang tidak beres. Bagaimana kita menemukan solusi? Pada tur sebelumnya, kami selalu mencoba menghabiskan waktu satu sama lain baik itu dalam grup besar atau grup intim. Mencari tahu lebih banyak tentang satu sama lain, saling membantu, dan memperkuat hubungan.  



    Atasan dan bawahan, Lurdes Bergada Syngman Cucala Spain; sepatu bot, Cole Haan.


    Di saat ragu dan merasa insecure, apa yang dapat memberi Anda keberanian? Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dengar sejauh ini?

    Ungkapan yang saya benci adalah: Jangan khawatir. Saya selalu terlalu khawatir sampai-sampai membuat diri ini frustasi dan terisolasi, di mana saya jadi tidak melakukan apa-apa namun di kepala saya memikirkan banyak hal. Kakak perempuan saya selalu jadi my rock. Saya pikir ini karena saya adalah adik kecil perempuannya. Ia selalu tahu apa yang harus dikatakan dan saya selalu mendapatkan kekuatan untuk terus maju. 


    Waktunya membahas sedikit tentang Twitch dan game  —bagaimana awalnya Anda bisa terjun ke dunia tersebut? 

    Teman sekamar saya saat itu selalu ingin saya memiliki Twitch channel karena mereka pikir saya sangat lucu ketika sedang bermain game, alhasil saat pandemi COVID-19 saya memutuskan untuk memulainya. 



    Ini sangat berbeda dari biasanya, tetapi komunitas saya di Twitch sangat mendukung. Saya sangat buruk dalam bermain game tetapi ketika saya kalah atau terus sekarat dalam sebuah permainan, mereka selalu mengirimkan pesan "IT'S OKAY!!" 



    Jaket dan jeans, XOALIFESTYLE; T-shirt, Blue Boii.


    Bagaimana rasanya bermain dengan para profesional? Apakah ada gamer paling keren yang pernah Anda temui sejauh ini?

    Saya sangat terintimidasi. Sepertinya saya mempelajari dasar-dasar game lebih cepat daripada pemain baru lainnya, tapi saya mulai berpikir bahwa buruk dalam bermain game ada serunya juga. Psalm merupakan pro-gamer yang keren. Saya sempat bermain dalam timnya di turnamen Valorant (dengan pro-gamer lain dan saya adalah seorang noob). Setelah itu saya akan ke stream dia dan mengganggu dirinya dengan komunitasnya. Kami sempat merencanakan rematch, tapi kali ini pada tim lawan. 



    Blazer, celana pendek, Angelika Jozefcyzk; sepatu bot, Stuart Weitzman; jewelry, milik stylist.


    Apa hal yang paling memalukan di Twitch stream?

    Saya mungkin telah melakukan satu atau dua stream saat mabuk tetapi saya BENAR-BENAR TIDAK MELAKUKAN HAL YANG MEMALUKAN ;) 


    Fans Anda tidak ragu mengungkapkan rasa cinta mereka untuk Anda, komentar nakal dan segala isinya, apakah ada komentar paling lucu yang pernah kamu dengar atau baca?

    Um.. Saya rasa saya tidak boleh menceritakan apa yang dikirimkan mereka kepada saya, tetapi saya ingat entah bagaimana seseorang menemukan Venmo milik saya (aplikasi pengiriman uang) dan mengirimkan satu dolar dengan mengatakan “For your troubles


    Apa harapan terbesar seorang Amber Liu di tahun 2022?

    Istirahat dan musik. Rasanya saya belum mendapatkan kesempatan untuk fokus pada musik karena saya terlalu banyak melakukan semuanya sekaligus. Tetapi tahun ini saya akan menebus banyak waktu tidur yang hilang. Saya juga ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga. 



    Blazer, celana pendek, Angelika Jozefcyzk; sepatu bot, Stuart Weitzman; jewelry, milik stylist.


    Bisakah Anda memberi sedikit sneak peek proyek atau musik yang akan datang?

    Ini kejutan untuk kamu dan saya. Saya bahkan belum tahu persis apa itu!


    Finally, bisakah Anda menyapa para penggemar di Indonesia? 

    Untuk semua penggemar di Indonesia! Sudah bertahun-tahun sejak saya terakhir bertemu kalian semua, tetapi sampai kita bertemu nanti, saya harap kalian stay healthy and safe. Tolong kirimkan saya rekomendasi makanan jika memungkinkan!! Saya harap dapat bertemu dengan kalian segera! 




    Diterjemahkan oleh: Margaretha Gabriella Ayudityas.
    Creative Direction & Styling: Yuki Bomb
    Makeup: Archangela Chelsea for Celestine Agency
    Hair: Caitlin Krenz for Exclusive Artists 
    Production: CM Agency
    Videography: Emily Sandifer
    Location: Loft 1923