Better You

10 Makanan & Minuman Terbaik untuk Mengatasi Perut Bloating

  by: Redaksi       20/5/2022
  • Untuk kebanyakan dari kita salah satu kekhawatiran utama setelah menikmati makanan banyak adalah perut yang membesar. Umumnya perut yang membesar pasti dikaitkan ke berat badan yang bertambah, namun sebenarnya hal ini bisa menjadi salah satu gejala dari ‘bloating’. Buat kamu yang belum familiar dengan istilah nya, bloating adalah sebuah kondisi di mana perut kita terasa kencang, penuh dan terlihat membesar.

    Kondisi ini dapat disebabkan oleh penumpukan gas berlebih di dalam perut dan usus karena kebiasaan makan yang kurang sehat seperti mengunyah terlalu cepat atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Bloating juga dapat disebabkan oleh hormon dari siklus menstruasi yang biasanya bersifat sementara.

    Karena bloating adalah kondisi yang tidak nyaman dan seringkali membuat kita kurang percaya diri, berikut 10 makanan & minuman terbaik yang bisa membantumu mengatasi bloating:




    1. Alpukat


    Buah Alpukat adalah salah satu buah-buahan yang bisa kamu andalkan untuk atasi bloating. Kaya akan potassium, vitamin C dan vitamin K, buah alpukat dapat mencegah retensi air berlebih di dalam perut.


    Selain itu, alpukat juga tinggi akan serat, yang dapat membantu mencegah konstipasi.

    2. Timun

    Timun terdiri dari 95% air, alhasil menjadi makanan pokok yang sangat cocok untuk meredakan kondisi bloating. Memakan makanan dengan kandungan air yang tinggi baik untuk menghilangkan gejala kembung, karena dapat mencegah bloating yang disebabkan oleh dehidrasi.

    3. Yogurt


    Penuh dengan bakteri baik dan probiotik, yogurt memiliki peran inti dalam menjaga kesehatan usus kamu. Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi probiotik secara reguler dapat mengurangi bloating dan distensi abdomen.

    4. Buah beri


    Buah-buahan dari keluarga beri seperti stroberi, blueberries dan blackberries penuh dengan anti oksidan, vitamin, serta mineral. Beri-berian juga sangat tinggi akan serat, contohnya, 1 cup buah blackberry mengandung dapat mengandung hingga 8 gram serat. Dan tentu saja, meningkatkan konsumsi makanan berserat dapat menjaga kesehatan usus, mencegah konstipasi, dan perut bloating.

    5. Green Tea


    Green Tea adalah salah satu opsi teh paling baik untuk kesehatan perut kita karena kandungan antioksidannya yang banyak. Green Tea mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat menetralisir racun yang menumpuk di tubuh kita akibat konsumsi makanan yang kurang sehat.

    Selain itu green tea juga mengandung kafein yang dapat mempermudah pergerakan di dalam saluran pencernaan kita dan mengurangi gejala bloating.

    6. Peppermint Tea


    Masih dalam keluarga teh, selanjutnya ada peppermint tea yang juga memiliki manfaat kesehatan. Teh satu ini dapat mengatasi beberapa gejala sakit perut, sulit buang air besar, dan perut kembung.

    Selain itu, teh ini juga mengandung zat anti inflamasi yang dapat mengurangi gejala otot tegang di perut.

    7. Kombucha


    Kombucha adalah minuman fermentasi yang biasanya dibuat dari black tea atau green tea, gula dan perpaduan buah-buahan yang telah dicampur dengn bakteri SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast). Hasilnya adalah sebuah minuman yang kaya akan probiotik dan antioxidant yang dapat meningkatkan kesehatan usus, meredakan inflamasi dan mengatasi gejala bloating.

    8. Oats


    Populer sebagai menu sarapan, oats adalah salah satu bahan pokok yang sudah sering kamu temukan. Mengkonsumsi oats secara rutin menjadi cara yang mudah dan efektif untuk mengatasi bloating karena oats kaya akan serat.

    Oats mengandung tipe serat beta glucan yang memiliki kemampuan anti peradangan. Alhasil, makanan satu ini efektif dalam mengurangi dampak bloating di tubuh kamu.

    9. Kunyit


    Kunyit adalah rempah-rempahan yang sering kita temui di berbagai masakan khas Indonesia. Ternyata selain menjadi bumbu tambahan yang enak, kunyit juga mengandung senyawa bernama curcumin yang memiliki efek mengatasi peradangan yang kuat. Senyawa ini juga dapat mengurangi gejala perut bloating dan konstipasi.

    10. Pisang


    Populer karena rasa nya yang creamy dan lezat, ternyata pisang adalah sumber serat yang sangat baik dan juga mengandung potasium. Itu merupakan salah satu senyawa yang dapat mendukung kesehatan perut dan mencegah gejala bloating.


    (Ameina Dewi / GIO / Images: Ready made from Pexels,Alena Darmel from Pexels, Ella Olsson from Pexels, Micheile.com from Pexels, Pixabay from Pexels, Karolina Grabowska from Pexels, eatkubba from Pexels, alleksana from Pexels, dan wendy wei from Pexels).