Better You

5 Cara Menguatkan Diri Saat Hidup Terasa Sulit

  by: Haninadhira Husaini       21/5/2022
  • Uh-oh, apakah kamu sedang merasa terjebak di dalam situasi kehidupan yang seakan semakin sulit? Mungkin di beberapa kondisi tertentu, pikiran kita terasa seperti sangat berat sehingga sulit untuk bersemangat menjalani hidup dan cenderung muncul rasa kewalahan. Cosmo hanya ingin mengatakan bahwa kamu tidak sendirian, girls.

    Well, garis hidup manusia tidak selamanya akan merasakan bahagia. Setiap orang pasti memiliki ups and downs yang dapat menyebabkan seseorang menjadi cemas, stres, bahkan depresi. Memang tidak mudah untuk menjalani hidup yang terasa semakin sulit, tetapi Cosmo memiliki beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menguatkan diri. Ok, let’s keep on reading!

    Meditasi

    Bermeditasi mungkin bukan hal yang mudah untuk sebagian orang, karena membutuhkan pikiran yang fokus dan tenang saat melakukannya. Tetapi, aktivitas ini akan selalu Cosmo rekomendasikan untuk kamu yang sedang menjalani masa sulit ataupun yang membutuhkan ketenangan hati. Meditasi bisa menjadi salah satu cara relaksasi tubuh dan pikiran kamu agar dapat melepaskan beban.

    Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai meditasi seperti: kamu bisa duduk dengan tegap lalu tarik napas dalam secara perlahan-lahan (lakukan berulang kali, ya!), lalu fokuskan pikiran pada pernapasan kamu dan berbagai bagian tubuh secara bergantian.

    Ucapkan rasa syukur

    Salah satu cara yang termasuk paling ampuh bagi Cosmo adalah dengan mengucapkan rasa syukur ke pada diri sendiri karena bisa berada hingga di titik sekarang. Dengan bersyukur, berarti kamu telah merubah pola atau cara berpikir kamu sehingga kamu bisa menghilangkan tekanan dan rasa sulit yang dirasakan. Dan karena kamu bersyukur, kamu dapat berpikir secara positif sehingga kamu akan bisa menjalani hidup yang lebih positif juga.




    Ucapkan dalam hati ataupun secara lantang ke dirimu sendiri bahwa “saya hebat, memang tidak mudah untuk berada di titik sekarang dan saya harus bersyukur akan hal itu.”

    Melatih mindfulness

    Well, mungkin sebagian dari kamu masih bingung dan belum mengenal istilah mindfulness. Secara singkat, mindfulness adalah di saat kamu dapat menerima dan memiliki kesadaran dalam diri kamu sepenuhnya tanpa tujuan untuk menilai. Dengan kata lain, mindfulness adalah suatu cara melatih diri kamu untuk memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi saat ini dengan tidak melibatkan diri kamu untuk menghakimi.

    Teknik mindfulness ini hampir sama dengan melakukan meditasi secara umum. Kamu dapat memulainya dengan mencari posisi duduk yang nyaman, mengatur napas lalu fokuskan diri kamu kepada pikiran dan emosi yang sedang kamu rasakan. Kenali bagaimana perasaan atau emosi tersebut muncul ke dalam dirimu, dan terimalah dengan lapang dada.




    Kurangi membuka media sosial

    Dengan adanya perkembangan teknologi banyak memberikan dampak positif untuk hidup kita, tetapi juga dapat membawa dampak negatif. Apalagi dengan hadirnya media sosial yang mampu menghubungkan kamu dengan orang atau kerabat jauh.

    Namun kamu harus berhati-hati, karena media sosial juga dapat membuat kamu terlarut dalam suasana yang kamu lihat di dalam media sosial, lho! Tak bisa dipungkiri, terkadang pasti kita pernah merasa iri ketika melihat kehidupan orang lain yang terlihat lebih seru dan produktif (entah itu seorang influencer ataupun teman kita sendiri). Padahal, realitanya belum tentu sama dengan apa yang ditampilkan di media sosial.

    Menahan diri untuk tidak membuka media sosial memang tidak mudah. Tetapi, kamu bisa coba dengan memberikan batasan waktu berapa lama membuka media sosial setiap harinya misal: maksimal hanya 1 jam perhari. Ketika ada waktu luang, gunakan untuk beristirahat atau melakukan kegiatan yang lebih menyenangkan.

    Lakukan kegiatan yang menyenangkan

    Setiap orang pasti punya hobby atau aktivitas yang menyenangkan bagi dirinya. Ketika kamu sedang merasakan sulit menjalani hidup mungkin karena tugas atau pekerjaan yang kamu jalani, penting untuk kamu melakukan kegiatan yang bisa menumbuhkan kesenangan dalam diri.

    Hmm, mungkin window shopping, membaca buku, me-time di kafe, jogging atau pergi bersama teman dan keluarga? Kamu bisa tentukan sendiri.



    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. Liza Summer on Pexels)