Lifestyle

Cara Menata Kamar Sempit Agar Terlihat Luas dan Aesthetic

  by: Haninadhira Husaini       22/5/2022
  • Well, menata kamar kini menjadi sebuah tren tersendiri yang menarik untuk diikuti. Di akun Youtube misalnya, ada begitu banyak video tutorial menata kamar yang sempit agar terlihat luas dan lebih aesthetic yang membuat kita langsung ingin mencobanya.

    Nah, untuk kamu yang memiliki kamar sempit tapi ingin menatanya agar terlihat luas dan aesthetic, Cosmo punya beberapa tips yang bisa kamu coba. Penasaran? Yuk, simak!

    1.    Meletakkan perabotan merapat ke dinding

    Dengan kamu meletakkan perabotan yang merapat ke dinding, membuatmu memiliki area bebas yang lebih luas berada di tengah ruangan. Sehingga, kamar akan terlihat lebih luas karena kamu memiliki ruang di bagian tengah untuk bergerak secara bebas.

    2.    Gunakan sprei dengan motif polos

    Percaya atau tidak, menggunakan sprei dengan warna natural atau motif polos akan membuat kamar kamu menjadi lebih luas. Karena, ketika kamu menggunakan sprei dengan motif yang terlalu banyak, akan membuat kamar kamu terlihat ‘ramai’ sehingga kamar menjadi terlihat lebih sempit.



    3.    Kurangi perabotan atau lemari besar

    Less is more. Yup, itu yang harus kamu terapkan ketika memiliki kamar yang tidak terlalu luas. Jaman sekarang, banyak orang yang mulai menerapkan konsep ‘minimalism’ yaitu di mana kita hidup dengan hal-hal yang hanya kita butuhkan. Dengan menerapkan konsep ini, kamu tak perlu menggunakan perabotan yang besar untuk menyimpan banyak barang tak terpakai karena kamu hanya memiliki barang yang memang kamu butuhkan.

    4.    Gunakan rak yang menempel ke dinding

    Dengan menggunakan rak yang menempel ke dinding untuk menyimpan barangmu, kamar akan terlihat lebih rapih dan luas karena kamu telah mengurangi rak atau lemari yang diletakkan di lantai. Hal ini juga akan menciptakan lebih banyak ruang untuk kamu bergerak.


    5.    Tambahkan hidden storage

    Jika kamu masih sulit untuk mengurangi perabotan yang besar, kamu bisa tambahkan hidden storage seperti di bawah tempat tidur untuk menyimpan barangmu. Selain membuat kamar kamu terlihat lebih luas dan rapih, kamar kamu akan terlihat menjadi lebih aesthetic.



    6.    Cat dinding berwarna terang

    Beberapa warna yang Cosmo rekomendasikan adalah putih, abu-abu muda dan warna krem. Dengan warna netral tersebut tak hanya membuat kamar kamu terlihat luas, tetapi juga aesthetic dan timeless.

    7.    Tambahkan cermin besar

    Menambahkan cermin besar di pojok kamar akan memberikan kesan lapang dan juga menciptakan ilusi yang membuat kamar terlihat lebih luas. Selain itu, kamar juga akan terlihat lebih aesthetically pleasing. Psst, bisa jadi spot untuk foto OOTD!

    8.    Atur pencahayaan

    Salah satu faktor penting yang bisa menciptakan ilusi agar ruangan terlihat luas adalah pencahayaan dalam kamar. Semakin terang pencahayaan di dalam kamar akan membuat kamar kamu terlihat lebih luas. Sebaliknya, jika kamar kamu memiliki minim pencahayaan, kamar akan terlihat lebih sempit.



    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. Hutomo Abrianto on Unsplash)