Love & Sex

5 Arti Love Language ‘Receiving Gifts’ bagi Pasangan

  by: Redaksi       22/5/2022
  • Melihat lima tipe love language menurut Gary Chapman, receiving gifts adalah bahasa cinta yang berfokus pada pemberian dan penerimaan ‘hadiah’ dalam bentuk apapun. Love language ini terkadang disalahartikan menjadi sesuatu yang materialistis. Padahal, sangatlah wajar bagi seseorang untuk memiliki love language-nya masing-masing, termasuk apabila senang menerima dan memberi hadiah.

    Tugas kita sebagai pasangan adalah memahami love language tersebut untuk mendapatkan apa yang kita butuhkan dalam sebuah hubungan. Meskipun memberikan atau menerima ‘hadiah’ bukanlah bahasa cintamu, ketahuilah 5 hal ini apabila pasanganmu memliki love language receiving gifts ini:




    1. Mendemonstrasikan cinta dengan benda





    Mark Williams sebagai konselor kesehatan mental yang dikutip dari Verywell Mind mengatakan bahwa love language receiving gifts berarti seseorang dapat merasa dicintai dengan mendemonstrasikan cintanya melalui benda. Benda tersebut tidak terpaut pada ukuran ataupun harganya. Bisa dengan aksesoris kecil yang kamu dapatkan dari sebuah thrift store ataupun benda sebesar mobil bahkan kapal untuk membuktikan seberapa besar kasih sayangmu.

    Seseorang dengan bahasa cinta ini akan selalu bahagia dengan benda yang didapatnya. Ketika melihat benda itu maka ia akan terus mengingat pasangannya dan akan merasa dicintai.


    2. Tidak setiap waktu, besar, ataupun mahal




    Mungkin ketika Cosmo babes pertama kali berkenalan dan memahami seseorang dengan love language ini, kamu berpikir bahwa semua hal yang berhubungan dengannya berkaitan dengan materi. Padahal dengan love language ini kamu bisa bertukar rasa sayang dengan hadiah yang memiliki berbagai macam ukuran maupun harga.

    Dan bukan berarti kamu harus memberikan pasanganmu hadiah setiap waktu lho, babes!


    3. Dapat berbentuk apa saja




    Benda yang bisa kamu hadiahkan untuk pasanganmu dapat berbentuk apa saja. Mereka dengan love language ini akan selalu antusias dengan segala pemberianmu. Kamu bisa memberikan barang yang baru saja kamu beli di toko ataupun benda yang sudah tersimpan lama di rumahmu serta memiliki makna yang besar di hidupmu.

    Cobalah memberikan pasanganmu benda-benda yang sudah Cosmo rangkumkan di bawah ini:



    • Bunga ataupun cokelat sebagai hadiah manis yang biasanya menjadi simbol dari valentines day atau hari kasih sayang.
    • Makanan atau minuman favoritnya yang kamu kirimkan ketika jam makan siang ataupun makan malam.
    • Tiket konser penyanyi yang diidolakannya ataupun tiket bioskop film yang disukainya dan tengah ramai dibicarakan.
    • Kupon restoran, salon, ataupun tempat-tempat penjual jasa yang ia senangi dan dapat ia nikmati ketika akhir pekan.


    4. Cari tahu hadiah seperti apa yang ia sukai




    Love language receiving gifts diketahui sebagai love language yang paling mudah untuk dicari tahu. Apabila pasanganmu memiliki love language receiving gifts, maka dia akan selalu antusias ketika diberikan sesuatu.

    Antusiasme tersebut dapat ditandai dengan berbagai macam hal. Misalnya, ia akan menunjukkan barang tersebut pada orang lain dengan rasa bangga. Contoh lainnya adalah apabila barang pemberian tersebut adalah barang yang dapat ia kenakan, maka ia akan menggunakan barang tersebut secara terus-menerus. 

    Lantas, bagaimana menentukan barang apa yang seharusnya diberikan kepada pasanganmu? Cobalah untuk mengobservasi kesehariannya, atau bisa juga dengan melihat konten yang sering muncul di beranda media sosialnya. Barang-barang yang muncul di sana atau sering disebut olehnya pastilah sesuatu yang menarik perhatiannya.


    5. Memberi barang dilihat sebagai suatu kebiasaan, bukan sebagai peluang




    Receiving gifts adalah bahasa untuk menunjukkan kasih sayang dengan pemberian dan penerimaan barang. Hal yang perlu Cosmo babes ingat adalah bahwa orang-orang dengan love language ini menganggap pemberian hadiah sebagai suatu kebiasaan yang normal, bukannya sebagai peluang dalam sebuah keadaan.

    Bagi mereka, sudah menjadi hal yang biasa ketika seorang pasangan memberikan hadiah saat hari anniversary mereka, atau ketika mereka berulang tahun. Kamu dapat menyakiti pasanganmu apabila tidak memberikan hadiah di hari-hari spesial bagi mereka.


    Dengan memahami bahasa pasanganmu dalam sebuah hubungan, maka kamu akan siap pula memahami hal yang menyakitkan bagi mereka. Penting sekali bagi kamu untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan jangan dilakukan untuk mencapai hubungan yang lebih intim dan harmonis. Good luck!


    (Fishya Elvin/Images: Photo by Antoni Shkraba on Pexels, Photo by Budgeron Bach on Pexels, Photo by Ivan Samkov on Pexels, Photo by Ron Lach on Pexels, Photo by Marko Klaric on Pexels)