Beauty

Ini Dia 5 Tips Cara Merawat Rambut Keriting Setelah Keramas!

  by: Redaksi       23/5/2022
  • Bagi Cosmo babes yang memiliki rambut keriting, pastinya paham benar jika memiliki tipe rambut ini dibutuhkan perawatan yang bisa dibilang, ya, susah-susah gampang. The struggle is real, babes!

    Penerapannya pun juga tentu berbeda dengan tipe rambut lainnya, dimulai dari produk hingga perawatan rambut di salon. Rambut keriting bisa lebih riskan terlihat kusut dan tampak kasar, sehingga memerlukan penanganan khusus agar rambut tampak lebih lembut dan berkilau. Kamu bisa memulai dengan coba mengganti kebiasaan keramas, lho!

    Berikut ini lima tips cara merawat rambut keriting setelah keramas yang bisa kamu coba!





    1. Menggunakan sampo dan kondisioner khusus untuk rambut keriting




    Cukup keramas secara rutin setiap dua sampai tiga kali seminggu. Dan, hindari keramas dengan intensitas yang tinggi karena akan membuat rambut kamu lebih cepat kering dan terlihat kasar.

    Rambut keriting pada dasarnya memang memiliki sifat kering, sehingga penting untuk menjaga minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala. Selalu lengkapi dengan produk kondisioner setelah penggunaan sampo khusus rambut keriting, untuk bantu meningkatkan kelembapan pada helaian rambut!


    2. Mengeringkan rambut dengan handuk berbahan katun




    Setelah keramas, hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer. Panas hair dryer akan membuat rambut kamu akan lebih cepat kasar dan rusak, meskipun kamu telah berusaha menggunakan produk heat protectant sebelumnya untuk mencegah kerusakan rambut.

    Coba gunakan handuk berbahan katun atau yang bersifat microfiber lainnya, karena handuk jenis ini dinilai dapat mengurangi risiko kusutnya rambut.


    3. Mengeringkan rambut dengan teknik crunch




    Setelah memilih bahan handuk yang tepat untuk mengeringkan rambutmu, kamu juga harus mengetahui cara yang tepat dalam mengeringkan rambut. Coba teknik crunch, di mana kamu menggunakan handuk di genggaman tangan dan meremas tiap bagian rambut hingga sisa airnya terperas keluar. Lakukan berkali-kali hingga dirasa rambut sudah terasa kering dan lembap.

    Teknik ini akan mengurangi risiko helaian rambut yang patah. Hal ini juga bisa menjadi trik agar menjaga bentuk alami rambut keriting kamu!


    4. Menyisir rambut dengan sisir khusus rambut keriting




    Untuk menyisir rambut keriting juga memerlukan sisir yang khusus. Pilih sisir yang memiliki gigi-gigi yang jarang dan renggang satu sama lain. Bentuk sisir khusus ini disesuaikan agar tidak merusak bentuk alami rambut keriting kamu.

    Di samping itu, dampak yang terjadi ketika pemilik rambut keriting menggunakan sisir dengan gigi-gigi yang rapat adalah terurainya keriting yang membuat rambut jadi terkesan memegar.


    5. Menggunakan hair product leave-in






    Lalu, lanjutkan dengan beberapa produk lain yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kelembapan dan bentuk alaminya. Hair product leave-in yang dimaksud bisa berupa hair oil, hair serum, ataupun produk lainnya yang bertekstur cream atau mousse, sesuai dengan kebutuhan.

    Aplikasikan produk-produk ini ke rambut dengan menggunakan tangan, atau bisa dilakukan bersamaan dengan waktu menyisir menggunakan sisir khusus rambut keriting.


    Rambut keriting memiliki mood-nya tersendiri setiap harinya lho, girls. Untuk itu, jangan lupa untuk menyeimbangkan hair care dengan body care lainnya supaya mood dari rambut kamu tetap terjaga.


    (Fishya Elvin/Images: Photo by Michelle Leman on Pexels, Photo by Scandinavian Biolabs on Pexels, Photo by Dom J on Pexels, Photo by Yaroslav Shuraev on Pexels, Photo by Cottonbro on Pexels, Photo by Tara Winstead on Pexels, Photo by Chill Jane on Pexels)