Lifestyle

Simak Pelajaran Hidup dari 'Cyber Hell: Exposing an Internet Horror'

  by: Redaksi       27/5/2022
  • Khusus untuk kamu para pecinta film bergenre misteri, bulan ini ada film dokumenter terbaru dari Netflix yang patut kamu tonton: Cyber Hell: Exposing an Internet Horror. Ini adalah sebuah film dokumenter asal Korea Selatan yang disutradarai oleh Jin-Seong Choi dan berkisah tentang kasus kekerasan seksual online yang menggemparkan masyarakat Korea Selatan tahun 2020 silam.

    Walaupun topik yang dibahas jauh dari kata menyenangkan, namun dengan arahan yang mahir dari Jin-Seong Choi film dokumenter ini sukses menjadi sebuah pengalaman menegangkan bagi para penonton dan tentunya mengajarkan kita berbagai hal tentang dunia maya.

    Buat kamu yang penasaran pelajaran apa saja yang ada di film ini, simak pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari film Cyber Hell: Exposing an Internet Horror.



    **Spoilers ahead!**

    1. Bijak Menggunakan Internet = Skill Terpenting di Abad ke-20




    Kasus yang dibahas sepanjang film Cyber Hell dikenal dengan nama “Nth Room Case” yang merupakan kasus kriminal pemerasan dan perdagangan seks di dunia maya. Di filmnya dijelaskan bahwa dua pelaku dengan nama alias Baksa dan Godgod memanipulasi dan membohongi lebih dari 100 perempuan muda di mana mayoritas dari mereka masih di bawah umur agar terikat dengan mereka karena blackmail.

    Para perempuan muda yang terjerat oleh Baksa dan Godgod tertipu oleh iming-iming bayaran tinggi dan tawaran palsu agency modeling. Lalu di paksa lewat ancaman untuk mengirim video seksual lewat chat room di aplikasi Telegram yang beranggotakan hingga 260.000 orang sebagai penonton.

    Cho Jubin yang sebelumnya menggunakan alias Baksa, berhasil mengumpulkan uang sejumlah 1.5 juta Won dari hasil konten video yang dijualbelikan.

    Dari sini kita bisa lihat, walaupun teknologi makin canggih dan sudah banyak fitur di internet yang bisa menjaga keamanan kita, dunia maya tentunya tidak luput dari orang jahat. Oleh karena itu, kita harus lebih bijak dan pintar saat menggunakan internet. Apabila ada tawaran kerjaan jangan terlalu cepat untuk mendaftar dan memberikan data-data pribadi kita. Sebelum mengambil aksi apapun kita harus melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan kebenarannya.


    2. Jadilah pendengar yang lebih baik untuk orang-orang disekitar kamu





    Film Cyber Hell ini menampilkan beberapa hasil wawancara yang penting untuk kemajuan kasus tersebut, salah satunya adalah dari beberapa korban Nth Room sendiri. Dilansir dalam film sebuah wawancara antara korban dan CBS Radio Korea, dimana korban bercerita bahwa karena kasus ini dia sampai mengalami Bipolar Disorder dan depresi. Selain itu korban juga merasa takut untuk keluar rumah karena dia merasa dikuntit secara terus menerus.

    Saat kasus ini mulai beranjak di tahun 2018, sudah ada beberapa saksi dan korban yang coba untuk melapor ke polisi serta orang terdekat mereka tentang keberadaan Nth Rooms ini, namun pihak yang berwenang tidak menganggap serius kasus tersebut karena kekurangan bukti sehingga gagal untuk menyelidiki.

    Dari kejadian ini bisa ditarik kesimpulan bahwa mendengarkan secara sungguh-sungguh cerita dan keluhan orang disekitar kita itu sangatlah penting. Karena layaknya para korban Nth Rooms, kita tidak akan pernah tahu separah apa situasi seseorang di balik layar. Jadi, hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah untuk mendengarkan mereka secara serius.

    3. Jangan pernah malu untuk meminta tolong



    Terkadang saat kita dilanda bencana, kita jadi sungkan untuk meminta tolong kepada orang lain. Hal ini terlihat di film Cyber Hell dimana kebanyakan dari korban merasa malu atau bahkan takut untuk bercerita dan meminta tolong ke orang-orang disekitar mereka.

    Alasan utama dari kediaman mereka adalah ancaman dari para pelaku yang telah sukses mengakses foto-foto personal dan akun social media para korban untuk memperlihatkan konten tidak senonoh kepada keluarga, teman atau rekan kerja dari korban. Kedua adalah ketakutan akan anggapan orang lain terhadap situasi mereka. Banyak dari perempuan muda ini merasa takut akan dijauhi oleh orang-orang yang mereka sayang atau kehilangan pekerjaan apabila mereka bercerita tentang kejadian ini.

    Oleh karena itu, bila kamu menemukan dirimu terperangkap dalam situasi yang tidak baik jangan sungkan untuk bercerita dan meminta tolong ke orang yang kamu percayai. Karena sesungguhnya masalah tidak akan membaik kalau kamu pendam sendiri. This works both ways ya dear! Kalau ada teman kamu yang bercerita tentang pengalaman buruk mereka, kita harus bersedia mendengarkan dengan hati dan pikiran yang terbuka.

    (Ameina Dewi/ GIO / Images by Instagram: @Netflixid, @movieviewers21, @oogcreative)