Lifestyle

Mengenal Lebih Dekat Gaya Hidup Minimalis & Manfaatnya

  by: Haninadhira Husaini       28/5/2022
  • Girls, apakah kamu tahu mengenai gaya hidup minimalis yang belakangan ini telah menjadi tren? Bagi sebagian orang, gaya hidup ini dianggap menjadi sebuah jawaban untuk orang yang sering berprilaku konsumtif.

    Konsep gaya hidup minimalis ini sudah mulai banyak diterapkan oleh selebriti di Indonesia, contohnya Cinta Laura dan Raditya Dika. Cosmo akan mengajak kamu mengenal lebih dekat apa itu gaya hidup minimalis beserta manfaatnya.

    Pengertian gaya hidup minimalis

    Less is more! Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu gaya hidup minimalis. Dengan kata lain, gaya hidup minimalis adalah bagaimana kamu hidup dengan barang yang hanya kamu butuhkan dan yang membuat kamu bahagia dengan meminimalisir barang yang tidak kamu butuhkan. Konsep gaya hidup minimalis juga bisa disebut dengan hidup sederhana.

    Cara menerapkan gaya hidup minimalis ini bisa dengan mengurangi pembelian gadget, baju, furnitur, dan lain sebagainya yang hanya mengikuti keinginan kamu, bukan kebutuhan! Gaya hidup ini memang bersifat personal, sehingga setiap orang dapat mempunyai cara dan penerapan yang berbeda sesuai kebutuhan masing-masing.

    5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis:




    1.    Hemat biaya



    Dengan menerapkan gaya hidup minimalis dapat membantu kamu untuk lebih mengetahui apa barang kebutuhanmu dan apa yang hanya sekadar kamu inginkan.
    Ketika biasanya kamu sulit untuk mengontrol keinginan kamu yang tidak ada habisnya, dengan menerapkan gaya hidup ini akan membantu untuk lebih bijak menentukan kebutuhan dan prioritasmu. Cara ini membantu untuk mengurangi sifat konsumtif dan pastinya lebih menghemat biaya pengeluaran kamu.


    2.    Hemat energi dan waktu



    Ketika kamu memiliki barang yang berlebih di rumah seperti misalnya furnitur, artinya kamu perlu meluangkan banyak energi dan waktu untuk membersihkan dan merapikannya setiap hari. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, energi dan waktu kamu bisa dipakai untuk hal lain yang lebih produktif serta bermanfaat seperti olahraga, istirahat, membaca buku, dan lain sebagainya.

    3.    Mengurangi sampah



    Quality over quantity. Kamu cukup membeli produk dengan kualitas terbaik agar bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama, misalnya dengan membeli baju, gadget, dan furnitur yang timeless. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi sampah dan hal itu akan berdampak lebih baik untuk lingkungan.



    4.    Mengurangi stres



    Melihat kehidupan orang lain melalui media sosial lalu ikut membandingkannya dengan hidup kita pasti tidak akan ada habisnya. Tetapi dengan kamu menerapkan gaya hidup minimalis, kamu bisa mengurangi rasa ingin memiliki barang yang mungkin tidak terlalu penting dan berujung menjadi sampah di rumah.

    5.    Menambah ruang untuk hal penting



    Gaya hidup ini bisa membantu kamu yang memiliki space ruangan terbatas. Dengan mengurangi barang yang tidak dibutuhkan, kamu dapat menambah ruang untuk barang yang lebih penting. Selain itu, kamu juga dapat mempunyai ruang untuk bergerak lebih banyak karena ruangan menjadi lebih luas.

    6.    Menambah fokus dalam bekerja



    Memiliki ruangan yang penuh dengan barang dapat membuat kamu mudah terdistraksi dan hilang fokus. Selain itu, dengan barang yang tidak terlalu banyak, kamu juga dapat dengan mudah menemukan barang ketika dicari karena tidak tertumpuk dengan barang yang tak terpakai.

    Simple life, happy life!



    (Haninadhira Husaini / GIO / Image: Dok. Pixabay, KoolShooters, Wendelin Jacober, Samson Katt, Max Vakhtbovych, & Vlada Karpovich on Pexels)