Lifestyle

10 Aplikasi yang Wajib Di-Download Para Mahasiswa!

  by: Redaksi       31/5/2022
  • Tentunya masa-masa sebagai mahasiswa menjadi salah satu hal yang paling berkesan di hidup. Namun, seperti yang kita tahu menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah. Sebab itu, kali ini Cosmo ingin memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang cocok untuk mempermudah lifestyle kamu yang masih mahasiswa.

    1. Evernote





    Para mahasiswa pastinya sering melalui proses mencatat yang terkadang sangat melelahkan. Aplikasi Evernote dapat mempermudah sekaligus merapikan semua catatan kamu yang penting.

    Fitur utama Evernote mengizinkan pengguna untuk menambahkan foto, audio, dokumen scan, PDF dan dokumen lain kepada catatan kamu. Selain itu desain dari aplikasi ini sangat sederhana dan gampang dimengerti sehingga dapat mempermudah kamu menemukan catatan yang kamu butuhkan dengan cepat.


    Aplikasi Evernote juga dapat digunakan sebagai reminder deadline lho! Karena aplikasi ini dapat disambungkan ke Google Calendar kamu, supaya mempermudah proses tracking jadwal.

    2. Notion



    Aplikasi Notion memperkenalkan konsep digital workspace yang dapat mempermudah sistem kerja dalam kelompok yang besar. Kamu dapat menggunakan Notion untuk menyusun jadwal mingguan, catatan dan materi kelas sampai silabus kelasmu. Selain itu semua fitur di Notion dapat kamu sinkronisasikan dengan akun teman-temanmu, sehingga semua orang di tim dapat mengakses hal yang sama di saat yang bersamaan.

    3. Grammarly



    Mengedit adalah suatu hal yang pastinya tidak asing di kehidupan seorang mahasiswa. Khususnya untuk tugas yang berbahasa inggris, proses editing menjadi langkah yang sangat penting. Sebab itu, rekomendasi selanjutnya dari Cosmo dapat mempermudah kamu mengedit makalah atau tugas kamu yang berbahasa inggris.

    Perkenalkan Grammarly! Sebuah aplikasi berbasis AI yang dapat mengoreksi pemilihan kata dan tata bahasa kamu serta membuat tulisan lebih gampang dipahami. Selain itu Grammarly memiliki fitur utama yang dapat membantu kamu menyusun kalimat sesuai dengan target audience kamu!


    4. Khan Academy



    Rekomendasi selanjutnya cocok untuk kamu yang lebih nyaman belajar mandiri di rumah. Khan Academy adalah sebuah aplikasi non-profit yang menyediakan video pembelajaran serta latihan untuk berbagai macam mata pelajaran. Materi yang tersedia di aplikasi Khan Academy berkisar dari tingkat sekolah dasar sampai mata pelajaran kuliah. Selain itu, plus point utama dari Khan Academy adalah fitur yang memperbolehkan user untuk menonton materi video secara offline tanpa menggunakan internet!


    5. RefME



    Terkadang menulis referensi di akhir sebuah makalah menjadi sebuah langkah yang sering dilupakan. Aplikasi RefME dapat mempermudah langkah ini dengan fitur utamanya yang memungkinkan user untuk memindai barcode buku atau jurnal akademik dan secara otomatis menghasilkan kutipan dalam berbagai format seperti APA dan MLA.


    6. SoundNote (iOS)



    Khusus untuk kamu yang sering mengantuk di kelas, aplikasi SoundNote akan menjadi sahabat kamu! Kalau kamu tertidur di tengah kelas, SoundNote dapat membantu melengkapi catatan mu dengan rekaman audio yang diambil secara bersamaan. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan user untuk membuat sketch seputar catatan kamu dengan fitur drawing tool nya.


    7. Microsoft Lens



    Suka malas mencatat? Aplikasi selanjutnya cocok buat kamu! Microsoft Lens merupakan aplikasi yang dapat mengubah informasi yang ada di papan tulis, dokumen kertas, kartu nama ataupun buku catatan menjadi dokumen digital yang dapat langsung kamu unggah ke Microsoft Word, Power Point atau One Drive.


    8. CliffsNotes



    Aplikasi yang satu ini pas untuk memenami kamu yang sedang persiapan tes. CliffsNotes menyediakan panduan belajar yang rinci dan padat untuk membantu mahasiswa melewati tantangan ujian. Panduan belajar yang paling populer di CliffsNotes adalah seputar literatur Inggris namun di luar itu aplikasi ini juga memiliki berbagai catatan dari pilihan mata pelajaran yang cukup luas.


    9. TED



    Untuk rekomendasi selanjutnya bisa kamu gunakan untuk memperluas referensi dan wawasan kamu sebelum menulis sebuah makalah. TED Talks yang telah mendunia sekarang tersedia dalam bentuk mobile apps yang dapat memberikan kamu akses kepada 3,000 TED Talks dari berbagai pembicara ternama di seluruh dunia secara gratis. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengunduh sesi TED Talks agar bisa ditonton offline!


    10. Forest



    Kira-kira siapa dari kalian yang sering kesulitan untuk tetap fokus saat mengerjakan sebuah tugas? Nah, rekomendasi selanjutnya dari Cosmo dapat membantu kamu tetap fokus saat mengejar deadline. Aplikasi Forest akan menampilkan pohon kecil di layar handphone kamu yang akan terus bertumbuh selama kamu mengerjakan tugas. Tapi, jika kamu menutup aplikasinya pohon tersebut akan mati. Setelah menanam beberapa pohon, kamu bisa memulai hutan kecil khusus untuk kamu sendiri.

    Fun Fact: ternyata tim di balik aplikasi Forest telah menanam 1,406,326 pohon berdasarkan meningkatnya aktivitas pengguna di dalam aplikasi!


    (Ameina Dewi/ Images by Google)