Better You

Penting: Bijak Gunakan Kartu Kredit!

  by: Redaksi       30/6/2011
  • Dear, keuntungan menggunakan kartu kredit memang banyak. Sebut saja tidak usah repot membawa uang cash, mendapatkan diskon saat membeli berbagai produk, atau mengumpulkan point untuk memenangkan undian berhadiah. Semua itu adalah kelebihan yang tak akan Anda dapatkan, jika membeli barang secara cash. Namun, Anda juga harus ekstra berhati-hati, karena menggunakan kartu kredit secara berlebihan dapat membuat Anda berkemungkinan terjerat dalam lingkaran hutang. Untuk itu, Cosmo akan memberikan Anda beberapa tip agar Anda tidak terjebak dalam permasalahan finansial. Simak!


    Ubah Mindset Anda



    Menggunakan kartu kredit berarti Anda sedang berhutang. Maka dari itu, selalu kontrol penggunaan kartu kredit dengan kemampuan Anda untuk membayar. Selalu pastikan Anda agar memiliki tabungan yang cukup untuk melunasi tagihan kartu kredit yang Anda pakai. Ingat untuk selalu miliki mindset bahwa Anda menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, bukannya sebagai alat berhutang.



    Maksimal Miliki Dua Kartu

    Jika Anda pengguna kartu kredit untuk kebutuhan konvensional, maka jumlah kartu maksimal yang Anda punya sebaiknya maksimal berjumlah dua. Memiliki banyak kartu kredit hanya akan membebani Anda untuk membayar iuran bulanan, serta membuat keinginan Anda untuk berbelanja semakin besar. So, pertimbangkan limit, suku bunga, kemudahan dan diskon yang ditawarkan untuk memilih kartu kredit yang Anda pertahankan.







    Jangan Hanya Membayar Tagihan Minimun

    Dengan hanya membayar tagihan minimum akan menyebabkan sisa tagihan Anda akan terkena bunga-berbunga. Selain itu, keterlambatan untuk membayar tagihan secara full payment akan membuat pengguna harus membayar denda tambahan, yang tentunya akan menambah jumlah total tagihan Anda. So ladies, be wise. (Calvin Hidayat/DI)