Better You

Kemewahan Khasiat Lavender

  by: Redaksi       7/6/2012
  • Seringkali perubahan pada tubuh terjadi begitu cepat. Pasti Anda akan kesal saat rambut mendadak mulai berketombe, apalagi harus berurusan dengan perut nyeri dan kembung lantaran salah makan. Well, jangan dulu panik dan buru-buru ke salon atau memeriksakan diri ke dokter, dear. Coba kali ini tangani dengan bahan natural. Selama ini mungkin Anda berpikir kalau lavender hanya bermanfaat untuk membuat tidur makin pulas, but guess what, ternyata lavender juga bisa lho mengatasi beberapa permasalahan berikut...
     

    Bye-bye Ketombe

    Dengan mencampur 15 tetes minyak esensial lavender dan 2 sendok makan minyak almond atau zaitun, Anda bisa mulai perawatan untuk rambut berketombe. Caranya mudah: basahkan rambut Anda dengan air hangat dan pijat hingga merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala dengan bahan campuran tadi. Lalu, tutup bagian kepala dengan menggunakan shower cap, diamkan selama sejam. Setelahnya bilas rambut Anda dengan shampo.



    Pencernaan Terhambat

    Kondisi perut kembung dan pencernaan bermasalah nyatanya mampu meningkatkan produksi bakteri jahat untuk tubuh. Nah, polyphenols—salah satu antioksidan yang terdapat dalam lavender—ampuh mengurangi bakteri jahat yang ada di saluran pencernaan. Coba tambahkan lavender kering saat Anda mengonsumsi yogurt. It'll do wonders to your digestion..

    Insomnia dan Tegang



    Aroma dari lavender tak perlu diragukan lagi dapat membuat Anda relaks. Kondisi ini dikarenakan tekanan darah yang menurun saat Anda menghirup aromanya. Maka, cobalah dari sekarang untuk menaruh sekantung lavender kering dalam kain dan taruh di sebelah bantal. Cosmo jamin kualitas tidur Anda akan membaik.

    Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

    Sebelum terkena gigitan nyamuk, ada baiknya Anda menangkalnya dengan menempatkan beberapa batang bunga lavender di sudut-sudut ruang rumah. Ini dikarenakan zat linalool dan lynalyl acetate yang dikandung oleh bunga lavender tidak disukai nyamuk. Dan untuk menghilangkan rasa gatal, Anda bisa meneteskan 2 tetes minyak lavender pada area kulit yang gatal dan tunggu hingga 15 menit hingga minyaknya meresap ke kulit. (Muhamad Muktar/SL/Image: iStockphoto/Thinkstock)