Better You

Improve Your Health—The Simple Way!

  by: RedaksiCosmopolitan       22/6/2012
  • Sakit sih tidak, tapi sudah beberapa waktu Anda merasa kurang bugar, belum lagi masalah pribadi yang seolah tak ada habisnya. Well ladies, it's time for a change of habit to improve your health! Mulai hari ini juga dan ulangi terus-menerus, sampai tanpa sadar menjadi bagian dari rutinitas Anda. Saran dari penulis buku The Life Force Diet, Michelle Schoffro Cook, berikut ini bisa Anda jadikan sontekan.

    1. Minum banyak air. Tubuh manusia terdiri atas 90 persen air dan membutuhkan air untuk berfungsi. Banyak gejala penyakit atau rasa nyeri dapat diringankan dengan banyak minum air.

    2. Berjalan-jalan. Jantung membutuhkan gerakan tubuh untuk bekerja optimal. Akan lebih baik jika Anda berjalan-jalan di alam bebas, menikmati udara murni kaya oksigen yang dapat membunuh berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit.



    3. Peluk orang tersayang. Berpelukan dapat membuat tubuh mengeluarkan feel-good hormones seperti oxytocin yang mampu mengusir depresi.

    4. Bersyukur. Tulislah setidaknya sepuluh hal dalam hidup yang Anda syukuri. Banyak penelitian menunjukkan bahwa rasa syukur dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan.

    5. Take a deep breath. Ambillah napas dalam-dalam selama setidaknya lima menit, sesering mungkin. Deep breathing bisa mengurangi tingkat hormon stres, yang berdampak menurunnya ketegangan, meningkatnya kualitas tidur, serta mencegah naiknya berat badan. Anda juga bisa melanjutkannya dengan meditasi untuk menenangkan dan menyeimbangkan pikiran.



    6. Mengemil di antara waktu makan. Daripada melaparkan diri demi menjaga bentuk tubuh, makanlah camilan sehat seperti buah-buahan (pilih yang berwarna cerah, they're packed with disease-fighting phytonutrients), kacang almond atau meminum jus segar yang dilengkapi sayuran hijau.

    7. Menghirup aroma bunga. Yang Cosmo maksud di sini adalah bunga-bunga sungguhan, bukan dari pewangi artifisial. Aromaterapi alami dalam bunga dapat memberikan efek menenangkan, membangkitkan semangat, hingga terapeutik untuk menyeimbangkan hormon. (Puji Maharani/SL/Image:Thinkstock)