Better You

The Effect of Anger

  by: Redaksi       7/6/2013
  • Jadi lebih sensitif ketika hamil adalah hal yang wajar. Tapi hati-hati, kalau terus-terusan merasa marah bisa berakibat buruk tak hanya pada hubungan Anda dan pasangan, tapi juga buat bayi di dalam kandungan.  Ingin tahu apa saja dampak rasa marah berkepanjangan terhadap bayi di dalam kandungan? Ini dia!

    Menurut Dr Miriam Stoppard, seorang penulis dan konsultan kesehatan wanita hamil, rasa marah yang dialami sang ibu akan memberikan semacam reaksi stimuli yang bisa memicu rekasi kimia tertentu ke dalam aliran darahnya. Reaksi kimia ini bisa masuk ke dalam plasenta kemudian ke bayi Anda. Dan keseluruhan proses ini terjadi dalam hitungan detik yang bisa menyebabkan janin di dalam kandungan menjadi stres (yup, sekecil itu juga sudah bisa stres, lho!)
    Tommy’s, The Baby Charity, sebuah lembaga amal di Inggris yang bertujuan untuk mendanai dan memberikan informasi terhadap penyebab keguguran, lahir mati, dan bayi prematur, mengatakan bahwa rasa marah atau kecemasan dalam jangka panjang bisa berdampak buruk pada janin di dalam kandungan. Beberapa dari efeknya seperti kelahiran prematur (bayi lahir di bawah 37 minggu), proses persalinan yang bermasalah, hingga lahir dengan berat badan yang kurang. Dan semua ini termasuk penyebab utama kematian pada bayi.
    Selain itu, penelitian mereka juga menunjukkan kalau kondisi stres yang dialami janin ketika masih di dalam kandungan bisa memengaruhi temperamennya ketika sudah besar nanti. Jadi jika si ibu hamil memiliki tingkat kemarahan yang tinggi, terutama pada trimester pertama, cenderung akan memiliki bayi yang juga lebih mudah marah serta lebih rentan terhadap kolik. Sementara kecemasan berlebihan dikaitkan dengan anak yang berisiko menjadi seorang hiperaktif.
    Jadi, ingin memanjakan diri di salon, spa, atau shopping sepuasnya? Lakukan apapun asal bisa bikin Anda jauh dari rasa marah. Kalau pasangan mulai protes, tunjukkan segera artikel ini agar si dia segera berubah pikiran! (Yoanita Listyawati/Image:Dok.Cosmo Pregnancy)