Career

Katakan (Atau Jangan Katakan) Ini pada Teman yang Baru Dipecat

  by: Redaksi       7/6/2013
  • Well, karier seseorang tak selamanya berjalan cemerlang. Mungkin saja Anda atau teman kini sedang mengalami masa-masa terburuk dalam kariernya. Tentunya dukungan dari orang-orang terdekat sangat dibutuhkan pada saat tersebut. Kalau Anda memiliki sahabat yang baru saja kehilangan pekerjaannya, coba hibur mereka dengan mengatakan (atau tidak) hal-hal berikut kepada mereka.

    Avoid “Should, Would, Could”
    Sah-sah saja memang untuk berpikir “sendainya saja...”, atau “seharusnya...”, tapi itu bukan hal yang pantas dikatakan di depan teman Anda yang baru kehilangan pekerjaan, dear. Tentunya teman Anda akan merasa semakin terpuruk jika Anda mengatakan hal-hal yang seharusnya bisa dia lakukan di masa lalu. Simpan saja di dalam hati.

    Jangan Hanya Menenangkannya
    Cosmo mengerti Anda tidak ingin melihat teman bersedih terus menerus. Tapi jangan juga menghiburnya dengan mengatakan hal-hal yang ingin ia dengar seperti menutupi kesalahannya dan menimpakan kesalahan sepenuhnya pada perusahaan, karena kata-kata tersebut tidak akan terkesan tulus. Percayalah, sang teman pasti akan lebih menghargai kejujuran Anda di saat apa pun.



    Stick Around, But Don't Say Anything Much
    Ya, dukungan Anda memang sangat berarti baginya di saat-saat seperti ini. Curahkan perhatian padanya kalau perlu, tapi tidak perlu berkomentar terlalu banyak. Apalagi  kalau tidak terlalu berkaitan dengan situasi saat ini. Teman Anda pasti tidak ingin dibebani lebih banyak oleh curahan hati atas masalah Anda.



    Ungkapkan Kelebihan Mereka
    Penting untuk selalu mengingatkan teman Anda akan kelebihan-kelebihan yang ia punya agar ia tetap optimis dan tidak semakin terpuruk dengan kegagalannya. Tidak perlu berlebihan, cukup katakan padanya hal-hal yang paling Anda kagumi dengan jujur. (Amanda Utari/VP/Image: iStockphoto/ThinkStock)