Better You

Cara Cosmo Selamatkan Lingkungan Anda

  by: Redaksi       14/6/2013
  • Bisa bayar tagihan bulanan bukan berarti bebas memakai sesukanya lho! Kalau bisa hemat dan menyisihkan sedikit uang untuk ditabung, ditambah lagi bisa menyelamatkan lingkungan siapa yang tidak mau? So, siap memulainya?

    Nyalakan Listrik Seperlunya
    Tahukah Anda, secara konsisten melepaskan steker listrik dari stop kontak bisa menghemat pemakaian listrik hingga 5% dari tagihan. Jadi meski keseharian Anda tergantung pada listrik, mari biasakan hidup hemat energi. Matikan dan lepas steker peralatan elektronik ketika tidak digunakan. Pakai juga produk hemat energi untuk menekan penggunaan listrik, dear.

    Hemat Air
    Air sangat berperan penting dalam kehidupan, akan tetapi persediaan air bersih kini semakin menipis. Anda bisa menghemat memperbaiki keadaan ini dengan cara menghemat penggunaan air sehari-hari, seperti saat mandi atau mencuci. Supaya tidak mencemari lingkungan, gunakan juga sabun dari bahan alami yang mudah terurai.



    3R
    Pastinya menyebalkan sekali melihat sampah menumpuk. Eew... selain kotor, sampah juga menjadi sumber “penyumbang” penyakit dan pencemaran lingkungan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan prinsip 3R dalam keseharian Anda, yaitu reduce, reuse, dan recycle. Kurangi sampah yang Anda buang, pakai kembali barang-barang yang masih layak untuk dipakai, dan daur ulang.



    Irit Bahan Bakar
    Jangan malas untuk bergerak! Mulai sekarang biasakan jalan kaki atau bersepeda untuk mencapai tujuan yang dekat. Selain makin bugar, Anda pun mengurangi pengeluaran untuk bahan bakar. Lumayan bukan untuk tambahan uang belanja? (Muhtar Rais/SW/Image: ThinkstockiStockphoto)