Better You

Kenali Penyakit yang Rentan Diderita Wanita

  by: Redaksi       14/6/2013
  • Sudah tentu mencegah lebih baik daripada mengobati. Terlebih jika berurusan dengan masalah kesehatan. Maka, mengetahui ancaman gangguan penyakit apa saja yang rentan diderita banyak wanita adalah langkah awal yang harus Anda tahu. Catat!

    Penyakit Hati
    Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, 29% tingkat kematian pada wanita disebabkan oleh penyakit hati. Angka yang cukup mencengangkan, bukan? Besarnya jumlah tersebut disebabkan oleh banyaknya kasus salah diagnosis. Sebab tanda-tanda dan gejala penyakit hati ini sendiri terlihat berbeda pada wanita dan pria. Penyakit hati biasanya disebabkan karena obesitas, stres, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

    Kanker Payudara
    Mulanya, hanya benjolan kecil pada payudara yang saat ditekan akan terasa nyeri. Lalu lama-kelamaan benjolan tersebut akan melekat pada kulit sehingga puting susu dan payudara mengalami perubahan. Begitulah yang terjadi, dear! Anda mungkin pernah dengar kalau jumlah penderita kanker payudara menempati urutan kedua paling banyak di dunia. Itulah sebabnya WHO memasukkannya ke dalam daftar International Classification of Diseases dan menjadi masalah serius yang memengaruhi setiap wanita. Periksakan payudara dengan melihat dan merabanya dengan tangan. Beritahu dokter Anda jika merasakan ada gumpalan ataupun benjolan di sekitar payudara.



    Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)
    Dalam kasus PCOS, setiap kali siklus bulanan terjadi kelenjar, pituitary mengeluarkan luteinizing hormone (LH) dalam jumlah banyak yang menyebabkan indung telur menghasilkan kelebihan androgen. Ini berakibat pada siklus menstruasi yang tidak normal dan menyebabkan ketidaksuburan, pertumbuhan rambut yang berlebihan, serta jerawat. Hal lain yang bisa Anda perhatikan adalah kondisi ini menyebabkan terbentuknya kista kecil pada ovarium selama ovulasi.



    Depresi
    Gangguan medis ini menyerang pikiran dan tubuh Anda. Dalam banyak kasus pada wanita, depresi umumnya terjadi akibat perubahan hormonal, misalnya depresi postpartum yang berkembang pasca kehamilan. Depresi juga dapat dipicu oleh hidup yang penuh stres, masa lalu yang buruk, dan perlakukan tidak baik yang ia terima. Penderita membutuhkan pengobatan jangka panjang, bisa dengan cara pengobatan medis atau konseling. (Muhtar Rais/IR/Image: iStockphoto/Thinkstock)