Better You

Faktor Yang Menjauhkan Rasa Bahagia

  by: Redaksi       3/6/2014
  • Semua orang pasti ingin bahagia. Tapi rupanya tidak semua orang mampu benar-benar mencapai kabahagiaan. Mungkin bahkan Anda pun termasuk salah satu orang yang merasa sudah melakukan banyak hal tapi masih merasa kurang bahagia. Hmm, mungkin beberapa alasan berikut jadi salah satu faktor yang menjauhkan Anda dari kebahagiaan.

    Senang Membanding-bandingkan
    Kalau Anda punya sifat yang satu ini, ada baiknya untuk segera ditinggalkan. Sadarilah bahwa semua orang berbeda dan punya keunikan masing-masing. Tidak akan ada habisnya kalau Anda selalu membandingkan hidup Anda dengan orang lain. Bagaimana bisa merasa bahagia, yang ada malah Anda semakin merasa tertekan.

    Suka Berandai-andai
    Punya mimpi berbeda dengan gemar berandai-andai, lho. Boleh saja punya mimpi setinggi langit, tapi bukan berarti Anda harus menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk berandai-andai. Hilangkan juga kebiasaan Anda yang selalu berpikir “Seandainya saja...” karena hal itu hanya menjauhkan Anda dari realita dan kebahagiaan yang bisa diraih di depan mata.



    Mengasihani Diri Sendiri
    Duh, dari semua kelebihan yang Anda miliki, sayang sekali jika hanya kekurangan Anda lah yang selalu disorot dan disesali. Merasa paling tidak beruntung, merasa selalu kekurangan materi, atau mungkin juga merasa kalah cantik dari orang lain. Jika Anda terus berpikir seperti itu, Anda tidak menghargai apa yang sudah Anda miliki. Bersyukur adalah kunci kebahagiaan, dear.



    Selalu Menyalahkan
    Kalau Anda merasa tidak bahagia, jangan “menyebarkannya” pada orang lain dengan menyalahkan mereka atas ketidakbahagiaan Anda. Memangnya kalau Anda menyalahkan orang lain, Anda akan langsung merasa bahagia? Tentunya tidak. Selalu lihat segala sesuatu dari sisi positifnya, karena bermain blame game hanya akan membuang waktu Anda secara sia-sia.  (Amanda Utari/FT/Image: iStockphoto/ThinkStock)