Better You

Terlambat Datang Bulan? Ini Sebabnya!

  by: Redaksi       12/6/2014
  • Ladies, pernah tidak mengalami terlambat datang bulan? Jika pernah atau sedang mengalaminya, jangan panik dulu. Pasalnya, selain kehamilan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seorang wanita bisa terlambat datang bulan. Yuk, simak.

    Hormon Tidak Seimbang
    Hormon memegang peranan penting dalam siklus menstruasi wanita. Produksi hormon yang tidak seimbang akan mengarah pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Bisa jadi lebih sering atau terlambat datang. Ketidakseimbangan hormon ini bisa terjadi pada siapa saja, tanpa alasan yang cukup jelas.

    Sedang Menjalani Pengobatan
    Mengonsumsi resep obat-obatan tertentu seperti obat anti depresan, obat asma dan sejenisnya dari dokter terkadang memiliki efek samping terhadap siklus menstruasi. Jika memang demikian, konsultasikan pada dokter Anda mengenai efek samping dari obat yang Anda konsumsi.



    Olahraga Berat
    Segala sesuatu yang berlebihan tidak selalu baik, dear. Begitu juga dengan olahraga. Melakukan olahraga secara berlebihan bisa mempengaruhi siklus menstruasi, karena Anda kehilangan sejumlah besar energi dalam tubuh sehingga mengganggu fungsi tubuh yang lain.



    Stres
    Stres membuat banyak fungsi tubuh terganggu, salah satunya adalah kinerja produksi hormon tubuh. Hal ini dapat mempengaruhi menstruasi, dan mengakibatkan periodenya yang terganggu. Jadi jangan heran ketika Anda sedang tertekan, tamu bulanan pun tak juga datang mengunjungi Anda. (Amanda Utari/VP/Image: iStockphoto/ThinkStock)