Better You

5 Alasan Anda Makan Terlalu Banyak

  by: Redaksi       18/6/2014
  • Bukan hanya risiko berat badan yang naik, kebiasaan overeating juga akan berdampak besar dengan kesehatan jangka panjang Anda. Tanpa disadari, inilah beberapa alasan yang menyebabkan Anda makan terlalu banyak!

    Melewati Sarapan
    Eat breakfast like a king, lunch like a minister, and dinner like a beggar. Harusnya pola ini yang Anda ikuti demi gaya hidup yang sehat. Tapi sayangnya, sarapan di pagi hari seringkali terlewat, karena Anda harus buru-buru ke kantor. Saat sarapan terlewati, porsi makan siang Anda biasanya tak terkendali, dan membuka kesempatan untuk makan terlalu banyak. Ketidakseimbangan kebiasaan ini akan memberi efek buruk pada tubuh, lho.

    Alat Makan Superbesar
    Piring atau mangkuk yang biasa Anda gunakan, sebesar apa ukurannya? Yes dear, ukuran piring atau mangkuk yang Anda gunakan juga bisa membangkitkan keinginan untuk makan dalam porsi besar. Jadi untuk menghindari Anda dari mengonsumsi makanan terlalu banyak, cukup gunakan alat makan dengan ukuran yang sesuai, agar makanan yang dikonsumsi juga dalam jumlah yang kecil.



    Double Job
    Serial televisi kesayangan tampaknya sedang tayang. Dan lantaran Anda tak mau ketinggalan menyaksikan aksi aktor superhot yang bermain, so semangkuk dinner disantap dengan manis di depan layar televisi. Hmmm... jadi saat itu pastinya perhatian Anda terbagi antara televisi dan aktor tampan. Jangan tanya lagi bagaimana seharusnya Anda menikmati makan malam tersebut. Sebaiknya jangan ada lagi aksi makan sambil menonton televisi, darl. Anda harus memberikan perhatian penuh dan menikmati makanan, karena saat Anda mengunyahnya dengan benar tubuh akan mudah memberikan sinyal saat perut Anda terisi penuh.



    Dalam Rangka “Menemani Teman”
    Berapa sering ini terjadi pada Anda? Padahal baru saja Anda makan, karena teman mengajak Anda untuk menemaninya lalu langsung saja menerima ajakannya. Awalnya, bisa jadi Anda hanya berpikir untuk menemani saja tanpa perlu ikut makan. Tapi seringkali, ini malah membuka kesempatan Anda untuk tergoda dengan makanannya dan ikut menyantap lagi. Another round, another overeating!

    Terlalu Banyak Pilihan
    Cosmo tahu selebar apa senyum Anda saat melihat menu hidangan all you can eat. Situasi sajian buffet ini memang sulit ditolak. Keinginan untuk mencoba semua jenis makanan yang tersedia akan “menjebak” Anda untuk kebanyakan makan. Triknya, Anda tetap bisa mencoba semua jenis makanan yang ada, tapi dalam porsi yang kecil agar tetap bisa merasakan citarasa makanan. (Muhtar Rais/SW/Image: Pixland/Thinkstock)