Better You

Tetap Sehat Meski Jadwal Padat

  by: Redaksi       25/6/2014
  • Sibuk selalu Anda jadikan alasan untuk tak memperhatikan kesehatan. Big No for us, dear! Anda bisa tetap menjaga pola hidup sehat saat setumpuk kegiatan memenuhi agenda. Ini caranya!

    Sarapan, HARUS!
    Dengan tak melewatkan asupan sarapan Anda, energi tubuh akan bertahan dan membantu tubuh memperlancar peredaran darah. Cobalah pilih menu sarapan yang tinggi karbohidrat (oatmeal, sereal, buah, sayuran), serat (whole grain, sereal), dan lemak baik (seeds, kacang, virgin olive).

    Jangan Mengandalkan Kopi
    Di pikiran Anda, kopi akan menjauhkan tubuh dari rasa kantuk dan terus bisa bekerja. Faktanya, saat kelebihan asupan kopi, tubuh akan berpengaruh pada hati, kekurangan cairan tubuh, dan risiko penyimpangan peredaran gula darah. Ada opsi lain untuk menikmati jam rehat Anda dengan secangkir teh yang dicampur akar dandelion (baik untuk detoksifikasi hati), gingseng (untuk penambah energi), peppermint (bantu pencernaan).



    Whole Foods
    Saat jadwal harian padat, Anda bisa mempersiapkan makanan sejak dari rumah. Jadi waktu Anda tak terbuang percuma untuk mencari makan di luar, atau malah lunch pun terlewat begitu saja. Coba lengkapi makanan Anda dengan berbagai nutrisi lengkap. Anda bisa membawa ikan segar, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran potong.

    Nutrisi Tinggi
    Setelah melakukan berbagai proses, beberapa bahan makanan bisa berkurang kandungan nutrisi dan seratnya. Cobalah konsumsi roti gandum, pasta, beras merah, atau biji-bijian, seperti quinoa, couscous, atau soba sebagai ganti nasi putih. Untuk penambah saus, Anda bisa memilih saus tomat.



    Selalu Bawa Kudapan
    Di manapun Anda. Jika ada kudapan seperti buah atau nut bar di tas, Anda bisa menikmatinya kapan saja. Selagi di mobil menuju tempat meeting selanjutnya misalnya. Makan setiap tiga jam sekali akan bantu persediaan gula darah dalam tubuh. Dan dengan mengonsumsi kudapan ini juga akan menghindari Anda overeating saat nanti makan. (Muhtar Rais/IR/Image: iStock/Thinkstock)