Beauty

8 Kesalahan Bermakeup yang Harus Dihindari

  by: Ainjia Phioltia Paat       1/6/2015
  • Tentu semua wanita ingin riasan selalu tampak flawless, namun seringkali tanpa sadar kita melakukan beberapa kesalahan yang membuat riasan tidak sempurna. Intip contekan Cosmo berikut agar tidak mengalami kesalahan yang sama. Flawless makeup, here we come!

    1. Memakai formula primer yang salah untuk foundation Anda.
    Primer diciptakan untuk menjaga riasan Anda utuh dan sempurna sepanjang hari, namun kesalahan dalam memilih primer yang tepat bisa mengakibatkan hasil berbalik dengan yang Anda inginkan. Gunakan silicone based primer dengan silicone foundation dan begitu juga dengan water based primer dengan foundation water based pula.

    2. Memakai foundation terlalu tebal.
    Aplikasi foundation yang terlalu tebal bisa membuat Anda terlihat seperti memakai topeng. Gunakanlah foundation secukupnya pada wajah. Apabila Anda membutuhkan coverage lebih, gunakan concealer pada bagian yang membutuhkan.



    3. Menjepit bulu mata setelah memakai maskara.
    Menjepit bulu mata setelah memakai maskara akan membuat bulu mata Anda menempel pada eyelash curler dan membuatnya patah atau tercabut. Tidak mau kan kalau bulu mata Anda jadi tipis?

    4. Memakai bronzer di seluruh area wajah.
    Aplikasi bronzer di seluruh area wajah bisa membuat wajah Anda terlihat seperti terlalu lama berjemur di pantai lho. Gunakan bronzer hanya di area pelipis, dahi, dagu, dan dibawah tulang pipi untuk mendapatkan sexy sunkissed look.


    5. Menyimpan kosmetik terlalu lama.
    Kosmetik mempunyai batas waktu pemakaian, setiap jenis kosmetik mempunyai waktu pakai yang berbeda-beda. Menyimpan kosmetik terlalu lama bisa mengakibatkan iritasi, breakout, atau gejala alergi ketika dipakai. Selalu lihat tanda batas pemakaian kosmetik di kemasan dan buang kosmetik setelah melewati batas waktu pakai atau saat bau, warna, atau tekstur kosmetik berubah.



    6. Tidak memakai primer ketika memakai eyeshadow berglitter.
    Primer menjaga agar eyeshadow berglitter tetap menempel pada kelopak mata dan tidak jatuh ke bagian wajah lainnya yang tidak Anda inginkan seperti pipi dan hidung. Neat!

    7. Salah memakai warna concealer.
    Kesalahan dalam memilih warna concealer justru bisa mengakibatkan area yang ingin Anda samarkan malah terlihat semakin jelas. Gunakan concealer sewarna dengan foundation Anda untuk menyamarkan bekas jerawat, kemerahan, atau titik hitam di wajah Anda dan gunakan concealer dengan warna setingkat lebih terang dari foundation Anda untuk menghighlight area dibawah mata Anda.

    8. Tidak "mengunci" concealer setelah dipakai.
    Mengenakan hanya concealer saja bisa terlihat cakey dan bergaris-garis. Kunci concealer Anda dengan loose powder yang ringan dan aplikasikan menggunakan powder brush.

    (Marine Widya/AP/Image: various)