Career

Coba Lakukan Ini Supaya Tidak Jenuh di Kantor

  by: Adya Azka       4/6/2015
  • Anda merasa jenuh dengan pekerjaan? Alasannya mungkin ada banyak, tapi bagi mayoritas pekerja alasannya biasanya adalah kemonotonan dari melakukan sesuatu senantiasa sama tiap harinya. Well, time to shake things up a bit, ladies...

    Cari Rute Lain
    Oke, mungkin rute yang Anda tempuh sekarang adalah “hasil” dari trial and error untuk mencari rute yang paling tidak macet. Macet sendiri sudah ampuh menjenuhkan Anda, maka kenapa tidak coba naik commuter line atau busway? Menurut studi, pendekatan baru dalam aktivitas Anda sehari-hari akan merejuvenasi otak Anda. “Salah satu kunci kesehatan otak adalah mengganti rutinitas,” ujar Paul Nussbaum, PhD, pengarang Save Your Brain. It wouldn’t hurt to try, right?

    Take a Walk
    Pekerjaan Anda memang 9 to 5, tapi bukan berarti Anda hanya boleh berdiri saat lunch atau pas pulang saja. Seriously, banyak penelitian yang mengungkap kalau duduk terlalu lama mengandung risiko besar terhadap kesehatan Anda (bahkan mereka menyebutnya “the silent killer”). So get up, dan berjalanlah entah menyusuri lorong atau bisa saja Anda ke lobi atau ke luar gedung untuk menghirup udara segar. Ajak kolega Anda (yang tidak sibuk) supaya setidaknya Anda punya lawan bicara untuk membahas hot topic of the day.



    Clean Your Desk, Please!
    Ya, ada beberapa kasus di mana seorang pekerja sudah merasa jenuh duluan ketika melihat kondisi meja kerjanya yang berantakan. Terkadang ini bisa merupakan refleksi dari clutter yang berada di otak Anda, lho, maka bantu “bersihkan” otak Anda dengan membersihkan permukaan meja Anda terlebih dahulu. Tak usah dilakukan sekaligus—Anda bisa “mencicilnya” selama beberapa hari. You will love that feeling of cleanliness, dear...



    Socialize More
    Workaholic sih tidak apa-apa, tapi jangan sampai interaksi personal dengan kolega terabaikan. Ajaklah mereka berbicara atau untuk nge-gym bareng saat jam makan siang. Saat makan siang pun jangan mentok di tempat makan yang itu-itu lagi—try a new place for a change. Sebagai bonusnya otak Anda bisa “beristirahat” dan bahkan mampu membantunya terbebas dari penyakit tertentu. “Gaya hidup yang penuh interaksi bisa membantu memodifikasi risiko terkena dementia yang genetik,” ujar Michelle Carlson, PhD. (Sahiri Loing / SW / Image: M_a_y_a / iStock / Thinkstock)

    tags: kantor, jenuh, bosan, meja