Better You

Beragam Trik untuk Kenali Masa Subur

  by: Adya Azka       5/6/2015
  • Banyak wanita yang masih bingung ketika menentukan masa subur. Padahal banyak cara yang dapat digunakan untuk menentukan masa ovulasi ini. Berikut di antaranya...

    Menghitung Siklus Menstruasi

    Inilah teknik yang paling banyak digunakan wanita untuk menghitung masa subur. Jika siklus menstruasi Anda sebanyak 21 hari maka masa paling subur akan jatuh pada hari ke-6 hingga ke-9 setelah hari terakhir menstruasi. Namun, jika siklus menstruasi Anda sebanyak 35 hari maka masa paling subur akan jatuh pada hari ke-10 hingga ke-16 setelah hari menstruasi terakhir.




    Mengukur Suhu Tubuh

    Ya, tahukah Anda jika suhu tubuh Anda akan melonjak tajam saat masa subur? Sayangnya, cara yang satu ini memang sedikit lebih repot untuk dijalani. Anda harus mengukur suhu tubuh tepat saat bangun tidur setiap harinya di jam yang sama. Bahkan sebelum Anda turun ranjang, makan, dan minum. Jika hasil grafik suhu Anda mendatar tandanya Anda tidak sedang berada di masa subur, namun jika tiba-tiba suhu tubuh Anda melonjak itulah saatnya Anda berovulasi.


    Cairan Miss Cheerful

    Salah satu cara mudah untuk mengetahui kapan masa subur Anda adalah dengan mengamati cairan yang diproduksi Miss Cheerful. Jika bentuk lendir tersebut elastis, tidak gampang putus, dan berwarna bening, besar kemungkinan Anda sedang berada di antara masa subur.




    Air Seni

    Yup, seperti alat tes kehamilan yang lebih dulu banyak beredar, kini Anda juga bisa mengetahui masa subur dengan menggunakan alat tes masa subur. Penggunaan alatnya pun hampir sama dengan alat tes kehamilan.


    Air Liur

    Hampir sama dengan pengukuran masa subur melalui media air seni, air liur juga bisa mendeteksi masa subur dengan bantuan alat tertentu. Namun perlu diingat jika air liur yang menjadi sample tidak boleh terkontaminasi dengan makanan, minuman, ataupun rokok, dan tidak boleh mengandung banyak buih. (Adhia Azka/VP/Image: various)

    tags: liur, lendir, subur