Better You

Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Tubuh

  by: RedaksiCosmopolitan       4/6/2015
  • Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh pun akan semakin melambat. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih cepat mengembang. Kabar baiknya, Anda dapat meningkatkan metaobolisme tubuh dengan cara-cara mudah di bawah ini. Selamat mencoba!

    Biasakan untuk Sarapan

    Ladies, sebaiknya hentikan kebiasaan Anda yang sering lupa atau sengaja melewatkan sarapan pagi. Hal ini karena wanita yang melewatkan sarapan cenderung 4,5 kali lebih mudah gemuk dibandingkan mereka yang rutin sarapan. Menurut hasil penelitian, sarapan dapat mempercepat metabolisme tubuh dan menjaga energi sepanjang hari.



    Minum Kopi atau Teh

    Secangkir kopi atau teh ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda karena kopi atau teh akan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 5-8%. Bahkan, studi yang dilakukan di Jepang mengatakan kalau secangkir teh dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 12%. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dan teh membantu Anda tidak mudah lelah dan meningkatkan daya tahan tubuh saat berolahraga.


    Selalu Minum 8 Gelas Air Setiap Hari

    Tubuh membutuhkan air untuk memproses kalori sehingga dalam keadaan dehidrasi metabolisme tubuh akan melambat. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang minum delapan atau lebih gelas air sehari akan membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang minum empat gelas. Agar tubuh tidak kekurangan cairan, biasakan untuk minum segelas air sebelum makan. Anda juga dapat menambah cairan tubuh dengan mengonsumsi camilan seperti buah-buahan segar dan sayuran yang secara alami mengandung air.



    Perbanyak Konsumsi Omega 3

    Mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3, seperti ikan salmon, tuna, dan herring sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Omega 3 akan membantu mengatur metabolisme dengan menyeimbangkan tingkat gula darah serta mengurangi peradangan. Selain itu, omega 3 juga mengurangi resistensi terhadap hormon leptin yang berfungsi menjaga berat badan Anda.

    Pilih Camilan Cerdas

    Selain makanan besar, camilan yang Anda konsumsi juga memengaruhi metabolisme tubuh. Alih-alih mengonsumsi keripik kentang, lebih baik pilih makanan yang difermentasi, seperti yoghurt atau kimchi sebagai camilan sehari-hari Anda. Sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh British Journal of Nutrition mengatakan makanan fermentasi kaya akan probiotik yang dapat mempercepat metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan. (Hana Devarianti/VP/Image: doc. shoot_nik / iStock / Thinkstock)