Better You

Hal Sehari-hari yang Dapat Menimbulkan Stres

  by: Adya Azka       7/6/2015
  • Stres ternyata tidak hanya datang dari situasi menegangkan saja, lho. Hal sehari-hari di sekitar Anda juga dapat menimbulkan rasa cemas. Tidak menutup kemungkinan beberapa hal di bawah ini menjadi penyebab dari rasa tidak tenang Anda.

    Disorganisasi
    Ladies, coba perhatian meja kerja Anda. Apakah penuh dengan dokumen dan barang yang tidak disusun dengan rapih? Jika jawabannya “Ya”, maka hal ini yang menjadi pemicu dari rasa stres yang sering dialami. Disorganisasi akan menimbulkan rasa cemas karena Anda cenderung lebih sulit untuk menemukan barang-barang yang ingin digunakan. Hal ini juga membuat Anda merasa menyia-nyiakan waktu beharga.

    Warna
    Yup, warna ternyata juga memiliki pengaruh terhadap suasana hati Anda. Warna-warna gelap cenderung membuat suasana hati menurun. Sedangkan, warna-warna cerah seperti biru, hijau, dan kuning dapat meningkatkan mood seketika. Warna biru, misalnya, akan memperlambat denyut jantung dan tekanan darah. Warna hijau akan menenangkan dan menyegarkan pikiran. Sedangkan warna kuning akan membuat suasana hati menjadi lebih gembira.



    Lampu Tidur
    Kondisi cahaya kamar yang tidak tepat saat tidur juga daat menimbulkan stres. Tidur dengan lampu tidur yang terlalu terang akan menurunkan hormon melatonin. Hormon yang hanya diproduksi pada malam hari ini berfungsi untuk menyeimbangkan mood. Tidur dengan lampu tidur yang redup atau gelap justru lebih baik. Hal ini akan membuat tidur lebih nyenyak sehingga Anda akan merasa lebih segar saat bangun.



    Gaya Hidup Tidak Sehat
    Tidak hanya memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh, gaya hidup tidak sehat juga memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan jiwa. Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan junk food, merokok, dan kurang olahraga dapat menimbulkan stres. Hal ini karena tubuh yang tidak sehat akan menimbulkan perasaan tertekan. Bahkan, orang-orang dengan gaya hidup tidak sehat lebih mudah merasa depresi.

    Media Sosial
    Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan media sosial lainnya juga berkontribusi terhadap rasa stres Anda. Terlalu sering menggunakan media sosial dapat menurunkan rasa percaya diri. Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa satu dari tiga orang merasa lebih buruk dan tidak puas dengan hidup mereka setelah mengunjungi Facebook. Hal ini terjadi karena seseorang akan membandingkan hidupnya dengan kehidupan teman-teman yang ada di media sosial. (Hana Devarianti/VP/Image:Thinkstockphotos/Alliance/iStock)