Fashion

Cita Tenun Indonesia: Jalinan Lungsi Pakan di JFFF 2015

  by: RedaksiCosmopolitan       6/6/2015
  • Event akbar yang selalu dinanti setiap tahunnya, Jakarta Fashion & Food Festival, kembali diadakan tahun ini. Perhelatan yang dilangsungkan dari tanggal 13 Mei - 7 Juni 2015 terdiri dari rangkaian acara Fashion Festival, Food Festival dan Gading Nite Carnival. Cosmo berkesempatan menghadiri Fashion Festival yang diadakan di The Forum Mall Kelapa Gading serta Ballroom Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading, dan menyaksikan peragaan busana penuh kreativitas dari para talenta fashion lokal. Simak liputan dari beberapa show yang Cosmo saksikan berikut!

    Di tahun ke 12 ini, JFFF kembali berkolaborasi dengan Cita Tenun Indonesia (CTI) untuk menampilkan show bertajuk Jalinan Lungsi Pakan. Kali ini 6 desainer Indonesia ternama, yaitu Ari Seputra, Auguste Soesastro, Chossy Latu, Denny Wirawan, Priyo Oktaviano, dan Stephanus Hamy menampilkan gaya rancang masing-masing dengan aksen dari kain tenun pilihan.                 

    Ari Seputra, yang memiliki label Major Minor, menampilkan koleksi tenun Lombok yang penuh corak dalam warna hitam dan putih. So edgy and modern! Desainer lainnya, Priyo Oktaviano, mengeksplorasi tenun khas Baduy dalam koleksi “Gamematric of Baduy”. Permainan cutting, volume, dan structure dibawa sang desainer dengan tetap mengutamakan indahnya tenun. Selanjutnya adalah Chossy Latu dalam koleksi “Songket and The City” yang terinspirasi dari serial televisi Sex and The City, alhasil tampilan wanita metropolitan tercermin dalam koleksi tersebut.





    Tak kalah menarik adalah koleksi Kraton yang merupakan label dari Auguste Soesastro. Tenun Sambas dirancang menjadi koleksi penuh warna lembut seperti hijau tosca, biru pastel hingga salmon. Lalu Stephanus Hamy yang bermain dengan kain Bali dan mengubahnya menjadi blazer berstruktur penuh volume, hingga celana palazzo. Terakhir adalah kreasi Denny Wirawan dalam kain tenun Sulawesi Tenggara yang kaya motif dan warna-warna terang dan lembut. Tenun tersebut ia padankan dengan pakaian bermaterial ringan. Dengan tujuan memperkaya dunia mode tanah air, CTI berhasil menarik antusiasme para penonton yang memenuhi ruang acara. Magnificent! (Marsya Ramadhania/TA/Image: various)