Better You

Menurut Sains, Cara Berikut Dapat Buat Anda Lebih Bahagia

  by: Redaksi       8/6/2015
  • Ladies, para peneliti ternyata telah menemukan cara untuk membuat banyak orang lebih bahagia. Kabar baiknya, tidak sulit untuk melakukannya. Yuk, cari tahu apakah hal-hal di bawah ini dapat meningkatkan suasana hati Anda.

    Kelilingi Diri dengan Orang-orang Bahagia

    Ternyata rasa bahagia itu seperti “penyakit” yang menular, lho. Sebuah studi yang dilakukan oleh Framingham Heart Study mengungkapkan bahwa rasa bahagia dapat meningkat jika melakukan interaksi sosial dengan orang yang sedang berbahagia. Namun, interaksi ini hanya berlaku ketika dilakukan secara langsung atau tidak melalui media sosial di internet.



    Gunakan Warna Biru

    Warna juga memberikan pengaruh pada rasa bahagia Anda. Warna biru dipercaya dapat meningkatkan mood seketika. The Mind Lab, menemukan bahwa paparan cahaya biru dapat meningkatkan kepercayaan diri dan rasa bahagia. Hal yang sama juga dikatan oleh John A. Bargh, psikolog dari Yale University. Ia mengatakan warna biru akan menenangkan pikiran dan memberikan energi positif pada diri seseorang.

    Tersenyum

    Yup, hal sederhana ini ternyata dapat membuat Anda lebih bahagia. Psikolog di University of Cardiff menuturkan, tersenyum akan menstimulasi otak untuk menciptakan rasa bahagia. Akan tetapi, usahakan untuk tidak memaksakan senyuman Anda. Hal ini karena studi yang dilakukan oleh Michigan State University mengatakan senyuman yang palsu justru dapat memperburuk suasana hati dan produktivitas.



    Olahraga

    Manfaat olahraga ternyata tidak hanya sekedar pada kesehatan tubuh saja, lho. Olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati hingga mengurangi gejala stres dan depresi. Hal ini diungkapkan dalam jurnal ilmiah American Journal of Preventive Medicine. Olahraga dapat memicu otak untuk menghasilkan hormon yang dapat meningkatkan suasana hati, seperti neurotransmiter, endorfin dan endocannabinoid. Naiknya suhu tubuh selama berolahraga juga akan menimbulkan efek relaksasi dan tenang.

    Tidur

    Sebaiknya hentikan kebiasaan Anda yang sering begadang. Survei yang dilakukan pada 7.000 orang dewasa di Amerika mengatakan bahwa orang yang tidur cukup setiap hari merasa lebih sejahtera dibandingkan mereka yang tidak. Studi lainnya mengatakan bahwa orang yang kurang tidur akan lebih sulit untuk “memanggil” kembali memori bahagia yang dapat memperbaiki suasana hati. (Hana Devarianti/VP/ Image: doc. LukaTDB/iStock/Thinkstock)