COSMOPOLITAN PLAYLIST00:00 - 18:00    
NOW PLAYING

8 Cara Memerangi Kulit Wajah Berminyak

BY AINJIA PHIOLTIA PAAT 15 Jun 2015
8 Cara Memerangi Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah yang berminyak seringkali mengganggu penampilan. Apalagi memasuki musim kemarau seperti ini, cuaca yang semakin terik dan polusi lingkungan dapat menyebapkan wajah tampak makin lusuh dan kusam. Bagaimana merawatnya dengan tepat?

1. Cuci Dengan Benar
Meskipun kulit Anda tidak bermasalah dengan jerawat, menggunakan facial wash yang diperuntukkan bagi acne-prone skin dapat membantu membuat kulit Anda tampak lebih matte. Pilih yang mengandung 2% salicylic acid, yang mampu mengeliminasi minyak pada pori-pori wajah tanpa membuat kulit menjadi kering.

2. Jangan Berlebihan
Cuci wajah maksimal 3 kali sehari. Jika kurang, kulit akan tampak kusam, namun jika berlebihan, kelembapan alami kulit akan terkikis sehingga kulit akan secara otomatis memproduksi sebum lebih banyak. Akibatnya, kulit Anda semakin tampak mengilap.

3. Gunakan Tabir Surya
Mengaplikasikan tabir surya dalam takaran yang tepat (sekitar satu sendok teh untuk seluruh wajah), dapat mengontrol minyak dan kilap. Pilih tabir surya dengan formula mineral-based, oil free dan kadar SPF yang cukup.

4. Sedikit Makeup
Menggunakan foundation di tengah cuaca yang panas? Pikir lagi! Selain akan membuat wajah Anda terasa berat, foundation juga akan meleleh dan menyumbat pori-pori sehingga menghasilkan kulit yang kian berminyak. Sebagai gantinya, aplikasikan tinted moisturizer atau mineral powder foundation yang memiliki tekstur lebih ringan.

5. Pola Makan Sehat
Makanan pedas dan cocktail favorit memang terasa lezat, namun mereka tak menyumbang apapun untuk kesehatan kulit Anda. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah seperti bayam, wortel dan cantaloupe yang kaya akan vitamin A untuk memperlambat produksi minyak pada kulit.

6. Lakukan Facial
Tak harus ke salon, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Eksfoliasi wajah dengan facial scrub secara rutin setiap dua hingga tiga kali seminggu. Setelahnya, selalu gunakan masker yang mengandung clay atau salicylic acid yang dapat mengurangi produksi minyak di kulit, membuat kulit terasa lebih kencang dan segar.

7. Tekstur Yang Ringan
Jika terbiasa menggunakan night cream saat malam hari, Anda dapat menggantinya dengan hydrating lotion atau serum yang teksturnya lebih ringan dan cepat meresap. Pilih produk dengan kandungan salicylic atau glycolic acid dan anti-inflamasi untuk menyeimbangkan kadar minyak dan memberi efek relaksasi.

8. Oil-Blotting Paper
Jangan gunaakan spons bedak Anda untuk mengurangi kilap pada wajah karena spons dapat menjadi sarang minyak dan kuman, wajah Anda pun akan tampak cakey. Selalu bawa oil-blotting paper ke mana pun Anda pergi dan tepuk-tepuk lembut pada area wajah yang berminyak, lalu bubuhkan loose powder agar wajah terlihat kembali segar. (Poppy Septia/AP/Image: various)

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE