Better You

Jangan Abaikan Masa Tua Anda!

  by: Adya Azka       10/6/2015
  • Boleh saja memedulikan penampilan Anda supaya tak terkena penuaan dini, but ladies, krim-krim antiaging (seriouslyyou don’t really need them) itu tak akan ada gunanya bila masa tua Anda sengsara lantaran tidak ada tabungan. So let’s start saving for the future...NOW!

    Your BFF Right Now is Time
    Yup, waktu yang Anda miliki sekarang merupakan salah satu “aset” yang mesti Anda manfaatkan sebaik mungkin. It’s okay to playor shophard tapi jangan sampai semua gaji Anda habis hanya untuk bersenang-senang sesaat. Trust Cosmo—Anda pasti akan menyesal kalau di masa tua Anda mesti selalu menunggu “setoran” kepada anak Anda. If you’re children can afford it, that’s great, tapi kalau tidak? Yang ada Anda malah membebani anak Anda yang justru ingin membangun hidupnya sendiri.

    Have Your Own Pension Fund
    Memang kantor Anda menyediakan dana pensiun tersendiri bagi Anda (dan bahkan beberapa perusahaan akan memberikan mobil atau bahkan emas sebagai reward atas kesetiaan Anda selama bertahun-tahun), tapi Anda tak pernah tahu betapa uang bisa cepat terkikis apalagi kalau ada keperluan mendadak (atau kalau tiba-tiba—knock on wood—Anda di-PHK!). So, to be safe, get yourself your own pension fund, dan beberapa investasi (baik itu saham atau reksadana) hanya membutuhkan biaya Rp.50.000 atau Rp.100.000 sebulan lho. Do your research, dear.



    The Art of “Compounding”
    Walau tabungan awal Anda mungkin kecil tapi dengan efek compounding (atau penambahan) jumlahnya akan terus menggelembung tiap tahunnya. Semisal Anda menabung Rp.100.000, dan nilai tersebut mendapat bunga 10 persen tiap tahun, maka Anda akan mendapatkan Rp.110.000. Dan tahun berikutnya Anda akan mendapatkan bunga 10 persen dari angka 110.000, bukan nominal awal. Bunga 10 persen hanyalah angka kasar—bunga yang ditawarkan oleh jasa investasi bisa kurang atau lebih, tapi intinya adalah, start as early as you can so the numbers will compound significantly!



    Perlu Perhitungan Lebih Detail
    Terkadang di masa tua yang Anda perlukan hanyalah uang untuk kebutuhan dasar seperti makanan dan tagihan. You’ve been around the world after all, and now it’s time to rest and enjoy a simple life. Nah, berikut adalah hal yang tricky: salah satu solusi untuk mengetahui berapa dana yang mencukupi untuk masa pensiun, Anda perlu kalkulasi berapa total pengeluaran bulanan lalu gabungan dengan kenaikan inflasi rata-rata tiap tahunnya. It’s a hard, we know, tapi kalau Anda tidak terlalu paham soal angka, tanyalah seseorang yang bisa, atau mungkin bisa menggunakan jasa financial planner sekali saja. Start counting, ladies!

    Jangan Pakai Alasan Susah Menabung
    Oh please. Betapa sering Cosmo mendengar cerita kalau seseorang susah menabung dengan pemasukan saat ini, padahal di weekend mereka biasa menghabiskan uang untuk makan di luar atau menonton di bioskop yang harga tiketnya sekarang sudah naik signifikan. Yang Anda butuhkan hanyalah kedisiplinan untuk menyisihkan Rp.50.000 atau 100.000 (yang mungkin biasa Anda pakai untuk segelas kopi Starbucks). It’s not asking too much, right? (Sahiri Loing / SW / Image: s-c-s / iStock / Thinkstock)