Career

Tips Lebih Percaya Diri di Kantor

  by: Redaksi       12/6/2015
  • Tampil percaya diri di kantor adalah kunci dari karier yang cemerlang. Kabar baiknya, tidak sulit untuk menjadi seseorang yang penuh percaya diri. Bagi Anda yang sering merasa minder, para peneliti telah menemukan cara yang dapat membangun rasa percaya diri di kantor.

    Fokus Pada Diri Sendiri

    Rasa rendah diri seringkali muncul karena merasa tidak nyaman dengan suasana kerja. Lynn Taylor, workplace expert dan penulis dari buku Tame Your Terrible Office Tyrant, mengatakan bahwa untuk tampil lebih percaya diri, Anda harus fokus pada diri sendiri terlepas dari politik, rumor, atau hal lain yang dapat membuat tidak produktif. Dengan begitu, pekerjaan Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal.



    Kembangkan Kelebihan

    Salah satu cara terbaik untuk menambah rasa percaya diri adalah dengan mengetahui kelebihan dan mengembangkannya. Menurut William Arruda, seorang ahli personal branding dan penulis Ditch. Dare. Do!, dengan mengintegrasikan kemampuan yang dimiliki untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari Anda akan mendapatkan kekuatan dan energi positif. Hal ini akan berujung pada rasa percaya diri selama di kantor.

    Buat Daftar Kesuksesan

    Tidak jarang rasa minder muncul karena merasa belum berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Padahal Anda seringkali melewatkan kesuksesan kecil yang telah diraih. Lynn Taylor menyarakankan untuk membuat to-do list. Hal ini dapat membantu Anda untuk memonitor hal-hal yang mampu dicapai selama bekerja.



    Tantang Diri

    Berhasil melakukan hal yang menurut Anda mustahil dapat meningkatkan rasa percaya diri secara seketika. Cari pekerjaan yang dapat memberikan kesempatan untuk menggunakan kemampuan yang dimilki. Deborah Brown-Volkman, konsultan karier dan presiden dari SurpassYourDreams.com, menambahkan mencoba sesuatu yang baru juga dapat menjadi hal yang baik untuk terhindar dari rasa rendah diri.

    Jangan Sepelekan Penampilan

    Yup, penampilan pun menjadi faktor penting untuk menambah rasa percaya diri di kantor. Penampilan adalah kesan pertama Anda. Berpenampilan baik di kantor bahkan dapat meningkatkan karier. Sebuah survei yang dilakukan oleh Payscale mengatakan seseorang yang memiliki penampilan sesuai dengan tempat bekerja akan lebih mudah mendapatkan kenaikan gaji. So “dress” the part, ladies! (Hana Devarianti / VP / Image: doc. Thinkstock)