Better You

Jaga Stamina Saat Puasa

  by: RedaksiCosmopolitan       21/6/2015
  • Bulan Ramadhan sudah tiba. Faktanya, selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan agar tetap fit selama menjalankan puasa. Berikut lima tip untuk menjaga stamina Anda kala berpuasa.

    Jangan Lupa Makan Sahur

    Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena akan menahan rasa kenyang lebih dari enam jam. Protein, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa.



    Hindari Mengonsumsi Makanan Berminyak

    Makanan berminyak akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari.


    Hindari Tidur Setelah Makan Sahur

    Kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur sangat tidak dianjurkan karena akan menganggu proses motabolisme. Tubuh memerlukan waktu untuk dapat mencerna makanan yang baru saja masuk. Ketika Anda memilih langsung tidur maka makanan yang Anda konsumsi saat sahur akan kembali ke kerongkongan dan menimbulkan rasa mula, mulas bahkan ingin muntah.



    Cukup Air Minum

    Dehidrasi akan membuat tubuh Anda lemas dan aliran oksigen di dalam tubuh tidak lancar. Untuk menghindari dehidrasi, cukupi kebutuhan air minum Anda setiap hari dengan mengonsumsi setidaknya dua liter air di antara waktu berbuka hingga sahur.

    Jangan Langsung Menyantap Hidangan Utama

    Saat berbuka, jangan langsung melahap semua makanan terlebih hidangan utama yang berupa nasi. Dikhawatirkan kondisi lambung Anda belum siap untuk mencerna makanan dalam jumlah besar. Kurangi makanan berlemak, pedas, asam, serta bersoda. Sebaiknya Anda menyantap makanan manis seperti kurma saat berbuka puasa. (Salli Sabarrang / VP / Image: doc. mihhailov / iStock / Thinkstock)