Career

Cerahkan Karier Anda dengan Bantuan Cahaya

  by: Redaksi       19/6/2015
  • Kerap Anda berseloroh ke kolega kantor kalau Anda ingin pulang cepat karena, “ingin ngerasain cahaya matahari pas keluar kantor.” FYI, cahaya natural sangat penting lho bagi kehidupan Anda, tak terkecuali saat Anda berada di balik dinding kantor. Here’s why...

    Brightens Your Mood
    Tugas menumpuk, deadline menghantui, dan meja Anda jauh dari jendela—tiga hal yang ampuh memengaruhi mood dan produktivitas Anda. Okay, Cosmo akui paparan cahaya natural bukanlah solusi utama, but at least it can help enhance your mood. “Studi kami menyingkap fakta kalau exposure ke cahaya—terutama di pagi hari—sangat bermanfaat bagi mood, kewaspadaan, kesehatan, dan metabolisme,” ujar Phyllis Zee, M.D., neurologis dari Northwestern Medicine University dan pencetus studi. Dan secara bilik Anda berada di tengah ruangan kantor—no wonder you’re so moody!

    Makes You Sleep Better
    Menurut hasil studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical Sleep, karyawan yang meja kerjanya terletak dekat jendela menerima paparan white light 173% lebih besar selama jam kerja dan rata-rata mendapatkan waktu tidur 46% lebih lama—dan kualitas tidur yang lebih baik—dibandingkan mereka yang tidak menerima cahaya natural sama sekali selama di kantor. Dan karena tidur Anda lebih lama maka energi yang tersimpan pun lebih banyak. That’s why, studi tersebut juga menyingkap fakta kalau karyawan yang terpapar cahaya natural memiliki aktivitas fisik lebih banyak.



    Affects Your Health
    Tak perlu berjemur di balkon kantor untuk mendapatkan manfaatnya—cahaya tak langsung pun sangat bagus untuk kesehatan Anda lho. “Cahaya adalah agen sinkronisasi terpenting untuk otak dan tubuh,” kata Ivy Cheung, pakar neuroscience di Northwestern. “Sinkronisasi ritme biologis internal dengan rotasi bumi yang baik telah terbukti esensial bagi kesehatan.” It’s time to come over to the light, ladies!



    Saves Energy
    Bila Anda berada dalam posisi kepemimpinan atau arsitek, sadarilah kalau exposure kepada cahaya natural akan membantu produktivitas karyawan Anda. Plus, it’s a very “green” thing to do. “Para arsitek saat ini mesti lebih aware tentang betapa pentingnya pencahayaan natural tak hanya dari sisi penghematan energi tapi juga dari efek yang diberikan kepada para pekerja,” ujar Mohamed Boubekri, Associate Professor of Architecture dari University of Illinois. (Sahiri Loing / SW / Image: monkeybusinessimages / iStock / Thinkstock)

    tags: studi, kerja, kantor, cahaya