Better You

Deteksi Penyakit Lewat Mata

  by: Adya Azka       18/6/2015
  • Mata adalah “jendela” manusia. Jadi saat sesuatu terjadi pada tubuh Anda, termasuk jika sakit, maka mata akan menunjukkan reaksi tertentu. Berikut lima penyakit yang bisa dideteksi lewat mata Anda.

    1. Diabetes
    Penyakit diabetes dapat dideteksi lewat mata dengan timbulnya pembuluh darah mata yang terlihat jelas. Hal ini disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi menyumbat pembuluh darah di retina sehingga lebih rentan pecah. Diabetes juga sangat berbahaya karena bisa menyerang syaraf mata yang bisa mengakibatkan kebutaan pada penderitanya.

    2. Hipertensi
    Hipertensi atau darah tinggi dapat menyebabkan arteri mata menjadi berwarna keperakan. Hal ini biasanya jarang disadari oleh para penderita, sehingga jika tidak diobati akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung.



    3. Alergi
    Saat Anda mengalami reaksi alergi, maka mata pun ikut terpengaruh. Kemungkinan yang terjadi adalah adanya pembengkakan pada pembuluh darah mata sehingga bola mata tampak memerah dan gatal. Hal ini bisa saja disebabkan oleh udara yang kotor seperti debu, serbuk bunga atau hal lain yang berefek negatif pada tubuh.

    4. Kanker
    Menurut peneliti di Nova Southeastern University College, pemeriksaan mata ternyata bisa menemukan tumor otak bahkan sampai kanker payudara dan paru yang sudah menyebar sampai ke mata. Sedangkan beberapa jenis pendarahan bisa yang terjadi pada retina menjadi sinyal adanya leukimia.



    5. Rheumatoid Arthritis
    Bagi Anda yang belum awam dengan nama ini, rheumatoid arthritis adalah peradangan kronis pada sendi yang bisa mengakibatkan kelumpuhan. Kebanyakan orang yang terkena penyakit ini memiliki keluhan mata kering yang terasa di iris mata. Hal ini disebabkan oleh kadar senyawa penyebab radang yang terdapat dalam darah seringkali menyebar ke mata. (Eunike Freskanta/IR/Image:Thinkstockphotos/ipag/istock)